IMI-Polda Metro Sepakat Pilih Ancol jadi Sirkuit untuk Fasilitasi Pembalap Liar

Senin, 20 Desember 2021 13:43 Reporter : Merdeka
IMI-Polda Metro Sepakat Pilih Ancol jadi Sirkuit untuk Fasilitasi Pembalap Liar Aksi balap liar warnai Minggu pagi Ramadan di Ibu Kota. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran menggelar pertemuan di Polda Metro Jaya hari ini, Senin (20/12). Bamsoet mengatakan pertemuan itu menghasilkan sebuah kesepakatan terkait kawasan Ancol akan disulap menjadi sirkuit balapan sepeda motor.

"Kami sudah sepakat Ancol menjadi salah satu pilihan atau akan dijadikan tempat untuk menampung para anak-anak muda kita menyalurkan hobi balapnya," kata dia di Polda Metro Jaya, Senin (20/12).

Bamsoet mengutarakan, ajang balapan dijadwalkan berlangsung mulai 15 Januari 2021. Jenis balapan yakni road race atau drag race. Bamsoet berharap kebijakan mampu mengurangi aktivitas balap liar di DKI Jakarta.

"Karena sudah disiapkan tempatnya di Ancol," terang dia.

Bamsoet menyambut baik rencana Kapolda Metro Jaya membina pelaku balap liar di DKI Jakarta. Dia berharap kegiatan itu akan menjadi role model bagi Polda lainnya.

Dia menilai aktivitas balap liar mengganggu ketertiban masyarakat dan membahayakan keselamatan diri maupun orang lain. Dalam hal ini, Kapolda Metro Jaya bersama IMI hadir untuk memberikan solusi dalam menangani balap liar.

"Nanti akan saya sampaikan dan laporan kepada pak Kapolri bahwa model yang digagas Kapolda Metro sangat baik dan bisa dilakukan oleh Polda-Polda lain di seluruh Indonesia," ujar dia.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menerangkan, ajang balapan yang dicanangkan Polda Metro Jaya akan menjadi event berkelanjutan. Di samping mengasah bakat pelaku-pelaku balap liar.

"Bagi mereka yang memiliki potensi untuk menjadi pembalap, bisa tersalurkan seperti main bola, main bola itu kalau bisa hampir setiap hari dia main bola. Dengan adanya ini sirkuit roadrace dan dragrace di Ancol ini, saya berharap mereka bisa datang ke Ancol setiap hari," kata dia.

"Nanti kita buat eventnya atau pertandinganya mungkin 2 bulan atau 3 bukan sekali, tapi setiap hari polisi ada di sana. Kemudian dari IMI akan menyiapkan pelatih. Kemudian juga dengan aspek safety nya," imbuh dia.

Sementara itu, Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali mendukung kegiatan otomotif yang diinisiasi oleh Kapolda Metro Jaya.

"Kita akan support sekuat tenaga kita. Tadi sudah di sampaikan akan dimulai kegiatan ini di tanggal 15 Januari dan ini sudah tanggal 20 Desember. Jadi ini kita harus kerja keras dan kerja cepat agar apa yang kita harapkan bisa berjalan sesuai dengan yang disepakati," tandas dia.

Reporter: Ady Anugrahadi [ray]

Baca juga:
Ditangkap Polisi, Belasan Pemuda di Jember Gagal Balap Liar
Ingin Memfasilitasi, Kapolda Metro Undang Komunitas Balap Liar Pekan Ini
Polda Metro akan Undang Komunitas Balap Liar Bahas Lokasi Sirkuit
Fasilitasi Balap Liar, Polda Metro Petakan Kemayoran, Ancol hingga BSD jadi Sirkuit

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini