Hari ini, sosok Pitung versi keluarga dibeberkan di diskusi Pasar Seni Ancol

Sabtu, 7 Juli 2018 09:45 Reporter : Syakur Usman
Hari ini, sosok Pitung versi keluarga dibeberkan di diskusi Pasar Seni Ancol rumah si pitung. blogspot.com

Merdeka.com - Pitung adalah sosok hero bagi masyarakat Betawi. Tuan tanah yang rakus dan kompeni Belanda yang menindas rakyat Betawi adalah musuh besar bagi pendekar yang kelahiran Rawa Belong, Jakarta Barat. Legenda Betawi yang mirip Robin Hood dari
hutan Sherwood, Inggris, ini masih terkenal hingga kini.

Narasinya tidak pernah habis dibahas lewat berbagai media seperti diskusi, buku, hingga film. Seperti pada hari ini, Sabtu (7/7), mulai jam 13.30 WIB, bertempat di gedung North Art Space (NAS), Pasar Seni Ancol, Jakarta Utara, digelar diskusi soal legenda Betawi ini. Menariknya, narasumber diskusi bertajuk "Si Pitung dari Kampung Rawa Belong" ini adalah anak-anak Betawi dari Rawa Belong sendiri, yakni Bahtiar, pimpinan Sanggar Si Pitung Rawa Belong dan Khotib, kerabat dekat Pitung.

"Bachtiar akan memaparkan dengan gamblang cerita Pitung yang diketahuinya.
Menariknya, diskusi ini akan menghadirkan Khotib yang masih kerabat dari tokoh Pitung. Khotib akan bercerita tentang silsilah leluhurnya dan hubungannya dengan Pitung. Cerita ini layak disimak mengingat belum pernah ada kisah dari pihak keluarga Pitung yang diungkap ke masyarakat," ujar pihak penyelenggara diskusi pada Merdeka.com, Sabtu (7/7).

Di tempat yang sama, pengunjung juga bisa menikmati kegiatan Wall of Frame Betawi, yang menampilkan pameran asal-usul kampung di Betawi. Di sini, penulisan nama dan ejaan kampung disuguhkan berdasarkan tulisan asli yang tertera di peta-peta lama untuk memberi nuansa masa lalu. Tujuannya, menjadi sarana edukasi bagi masyarakat Jakarta, khususnya masyarakat Betawi, sekaligus agar publik lebih mengenal kampungnya atau tempatnya bermukim. Perlu diketahui, Wall of Frame Betawi merupakan bagian dari Kampung Betawi Ancol yang diresmikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, pada 13 Juni lalu.

Selain diskusi tentang Si Pitung dari Kampung Rawa Belong, diskusi soal kampung Betawi akan berlanjut pada Minggu (8/7) dengan topik Kisah Kampung Kemayoran. Narasumbernya, Davi Kemayoran yang merupakan penduduk asli Kemayoran, Jakarta Pusat.
Pengelola distro Betawi ini akan mengulas tentang kiprah tokoh Jiung yang sohor di Kemayoran. Tak lupa juga, Davi akan mengulas sejarah Kemayoran.

Masih bingung menghabiskan akhir pekan ini? Berkunjung saja ke Ancol, dapatkan wisata akhir pekan yang menarik dan edukatif buat Anda dan keluarga! [sya]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini