Hamdan Zoelva Soroti Tingginya Angka Kematian Akibat Covid di Indonesia

Kamis, 5 Agustus 2021 21:31 Reporter : Merdeka
Hamdan Zoelva Soroti Tingginya Angka Kematian Akibat Covid di Indonesia Hamdan Zoelva usai bertemu Sandiaga Uno. ©2017 Merdeka.com/Hari Ariyanti

Merdeka.com - Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2013-2015, Hamdan Zoelva turut menyoroti tingkat kematian pasien Covid-19 yang begitu tinggi di Indonesia. Melihat fakta itu dirinya mengaku sangat prihatin.

"Sangat prihatin. Indonesia tertinggi tingkat kematian akibat Covid-19. Saat ini mencapai 1.500 meninggal/hari dari 33000 yang terpapar. 90% diantaranya mereka yang belum atau menolak divaksin," tulis Hamdan Zoelva dalam akun Twitter pribadinya seperti dikutip pada Kamis (5/7).

Jika dibandingkan dengan India, angka kematian di Indonesia terlihat begitu tinggi. Hamdan menerangkan, dari 42.566 kasus terpapar Covid-19 di sana, hanya 516 orang saja yang meninggal.

Ia menilai bahwa masyarakat pada dasarnya memiliki minat yang begitu tinggi terhadap vaksin Covid-19. Namun minat yang tinggi ini tak dibarengi dengan keseriusan pemerintah dalam mendistribusikan vaksin Covid-19.

"Masyarakat memiliki minat tinggi bervaksin - walaupun ada yang menolak - tetapi tidak diikuti kecepatan distribusi dan pelaksanaan vaksin. SOS, harus jadi perhatian utama," tulisnya.

Saat ini angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia menembus lebih dari 100 ribu jiwa. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat per Rabu, 4 Agustus 2021 angkanya sebanyak 100.636 kasus. Itu termasuk penambahan kasus pada hari yang sama yang mencapai 1.747 kasus.

Reporter: Yopi M

Sumber: Liputan6.com [eko]

Baca juga:
Kemnaker Prediksi Subsidi Upah Rp 1 Juta Cair Minggu Depan
Jakarta, Banten, Jabar, Jateng dan Kalteng Alami Penurunan Kasus Aktif Mingguan
Jakarta Penyumbang Tertinggi Penurunan Kasus Aktif Covid-19 Mingguan
PPKM Buat Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Diprediksi Kembali Negatif
Satgas Sebut Upaya Testing di Bulan Juli Mengalami Peningkatan Baik

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini