Generasi Milenial Ingatkan Komisioner Komnas HAM Tak Melupakan Sejarah

Rabu, 16 Januari 2019 20:45 Reporter : Ya'cob Billiocta
Generasi Milenial Ingatkan Komisioner Komnas HAM Tak Melupakan Sejarah Puluhan pemuda datangi Komnas HAM. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Puluhan pemuda yang tergabung dalam Gerakan Milenial Cinta Indonesia mendatangi kantor Komnas HAM, Jakarta, Rabu (16/1). Mereka menyuarakan sejumlah tuntutan, termasuk mengingatkan Komnas HAM untuk andil dalam mengungkap isu-isu HAM masa lalu.

"Kami meminta kepada pihak komisioner Komnas HAM untuk jangan sekali kali meninggalkan sejarah, itulah salah satu inti pesan yang disampaikan oleh Bung Karno pada pidato di depan MPRS, 17 Agustus 1966, yang kemudian dikenal sebagai pidato Jasmerah. Dalam sejarah panjang bangsa Indonesia, pelanggaran HAM besar tidak boleh terulang kembali," kata Koordinator Gerakan Milenial Cinta Indonesia Yusuf Aryadi dalam orasinya.

Menurutnya, generasi milenial harus melek dengan sejarah panjang HAM yang ada di Indonesia. Khususnya untuk menentukan calon presiden tanggal 17 April 2019.

"Potret pemimpin bangsa tersebut haruslah bersih dari segala aspek dugaan pelanggaran HAM. Sudah saatnya harus dipimpinan dengan gaya humanis, dan mempunyai visi untuk membangun Indonesia," terangnya.

Yusuf menilai, dugaan indikasi pelanggaran HAM oleh Capres seharusnya menjadi pesan moral terhadap generasi milenial.

Selain menyuarakan HAM, mereka juga mengkritisi wacana bangkitnya sistem dan zaman orde baru. "Bila kita kembali pada sebuah zaman orde baru, maka Indonesia mengalami fase kemunduran untuk berbangsa dan bernegara, dari situ tegas kita menolak adanya zaman Orde Baru," pungkasnya. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini