Ganjar Sebut Wacana Pemekaran Wilayah Soloraya Tidak Relevan

Selasa, 8 Oktober 2019 22:28 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Ganjar Sebut Wacana Pemekaran Wilayah Soloraya Tidak Relevan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai wacana pemekaran wilayah Soloraya yang diusulkan oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono tidak relevan, lantaran belum ada kebutuhan yang mendesak bagi Soloraya untuk memisahkan diri dari Jateng.

"Saya dengar isu pemekaran wilayah urgensinya apa, belum lagi kemudian dimunculkan targetnya apa," kata Ganjar Pranowo, Semarang, Selasa (8/10).

Dia menyebut pemekaran wilayah perlu dikaji dari segala aspek, termasuk terkait masalah yang akan dihadapi seperti persoalan pelayanan masyarakat.

"Jadi semua harus diperhitungkan dulu. Apakah nantinya kalau pemekaran bisa mendorong peningkatan kesejahteraan ekonomi lebih baik bagi masyarakat sekitar atau tidak," ujarnya.

Nantinya apabila persoalan di setiap daerah tersebut tidak dapat dipecahkan oleh pemerintah baik tingkat provinsi hingga kelurahan, menurutnya masih bisa dilakukan dengan sejumlah inovasi lainnya.

"Jadi jangan sampai memberikan rekomendasi namun kurang obyektif. Harus didasari argumen yang kuat. Inovasi dilakukan pemerintah yang sekarang bikin sulit itu apa, semua harus dipikirkan bareng-bareng," jelasnya. [cob]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini