FX Rudy Selalu 'Adu Banteng' Dengan Ganjar Pranowo Setiap Bertemu

Jumat, 11 Oktober 2019 22:32 Reporter : Arie Sunaryo
FX Rudy Selalu 'Adu Banteng' Dengan Ganjar Pranowo Setiap Bertemu Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan Gubernur Ganjar Pranowo. ©2019 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Dua pejabat di Jawa Tengah ini mempunyai gaya tersendiri untuk menunjukkan keakraban saat saling bertemu. Sambil bersalaman, mereka beradu jidat atau dahi dan saling memandang, layaknya dua rival pesepakbola yang akan berselisih. Kedua pejabat tersebut adalah Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) dan Gubernur Ganjar Pranowo.

FX Hadi Rudyatmo mengaku jika kebiasaan tersebut hanya ia lakukan saat bertemu dengan Ganjar Pranowo. Sedangkan dengan orang lain, tidak pernah dilakukan, Ketua DPC PDIP Kota Solo itu hanya bersalaman saja. Sedangkan dengan Ganjar, setelah bersalaman, tradisi tersebut ia lakukan.

"Ini kebiasaan sudah kita lakukan lama, sebagai sebuah keakraban dan tidak ada maksud lain," ujar Rudy, Jumat (11/10).

"Setiap kali salaman dengan Pak Ganjar, saya gathuk bathuk (tempel dahi) dari dulu. Ini bukan Seruduk an (adu Banteng)," imbuhnya.

Rudy menyebut, berjabat tangan dengan cara menempelkan dahi masing-masing tersebut diartikan sebagai sama-sama memandang.

"Bedo karo (beda dengan) cipika cipika, itu tidak saling memandang," katanya lagi.

Tak berbeda dengan Rudy, Ganjar pun menganggap apa yang dilakukan tersebut sebagai hal yang biasa. Tradisi tersebut sudah dilakukan lama. Bahkan dalam pembicaraan saat bertemu keduanya sering menggunakan bahasa Jawa ngoko (kasar).

"Biasa saja, saya sama Pak Rudy kan berteman sejak dahulu. Tidak ada yang spesial," katanya.

Sebelumnya, saat kunjungan kerja di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Solo, Rabu (9/10) lalu, Ganjar terlihat saling adu jidat. Momen tersebut juga terlihat saat keduanya bertemu dalam acara lainnya. [ded]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini