Fondasi Makam yang Disiapkan untuk Sultan HB X Longsor

Senin, 18 Maret 2019 18:33 Reporter : Purnomo Edi
Fondasi Makam yang Disiapkan untuk Sultan HB X Longsor Makam Raja Mataram di Imogiri Rusak Karena Tebing Ambrol. ©2019 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bantul menyebabkan sejumlah titik mengalami longsor, Minggu (17/3). Salah satunya adalah di tebing kompleks makam Raja-raja Mataram, Imogiri longsor.

Longsornya tebing di makam raja-raja Mataram ini menimpa dua bangunan rumah milik warga yang berada di Dusun Kedung Buweng, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri. Akibatnya satu orang meninggal dunia dan dua lainnya masih dalam proses evakuasi.

Salah satu abdi dalem dan penjaga makam Sri Sultan HB IX, Joko Nugroho mengatakan longsornya tebing terjadi sekitar pukul 19.30 WIB. Saat itu kondisinya usai hujan deras yang mengguyur wilayah Imogiri.

Joko mengungkapkan tebing yang longsor itu merusak jalan penghubung antara makam Sultan HB IX dengan calon makam Sultan HB X.

"Yang jebol itu fondasi pada bangunan calon makam Sri Sultan HB X. Memang bangunannya baru dibandingkan dengan makam Sri Sultan HB IX. Kemungkinan karena pondasi tidak kuat menahan air, apalagi ada retakan akibat gempa bumi tahun 2006," ujar Joko, Senin (18/3).

Berdasarkan pantauan di lapangan, terlihat longsoran sepanjang hampir 50 meter dengan kedalaman lebih dari 100 meter. Dari sisi calon makam Sultan HB X terlihat pondasi di makam Sultan HB IX menganga. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini