Fakta hutan sengaja dibakar untuk perkebunan sawit

Jumat, 23 Oktober 2015 09:33 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
Fakta hutan sengaja dibakar untuk perkebunan sawit Lahan kebakaran Nyaru Menteng. ©twitter.com/sutopo_BNPB

Merdeka.com - Sudah tiga bulan lebih sejumlah wilayah di Indonesia terkena kabut asap. Kabut asap itu diakibatkan kebakaran hutan dan lahan yang belum juga padam.

Namun, fakta baru terungkap dari masalah kebakaran hutan dan lahan yang kini belum padam. Saat meninjau langsung salah satu titik kebakaran di sekitaran Tumbang Nusa, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dikejutkan dengan sejumlah tanaman kelapa sawit.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho geram dengan temuan tersebut. Menurut dia, hutan dan lahan itu sengaja dibakar oleh perusahaan kelapa sawit.

Kekesalan Sutopo oleh ulah perusahaan yang sengaja membakar lahan itu juga dituangkan lewat akun Twitter-nya di @Sutopo_BNPB. Dua hari lalu Sutopo mengunggah gambar via Twitter yang menunjukkan tunas sawit telah muncul di bekas lahan terbakar.

"Lahan bekas kebakaran di Nyaru Menteng Palangkaraya sudah ditanami kelapa sawit. Habis bakar terbitlah sawit," tulis Sutopo di akun Twitternya @Sutopo_BNPB seperti dikutip merdeka.com, Rabu (21/10). [gil] SELANJUTNYA

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini