Fadli Zon Sebut Setiap Masyarakat Dapat Bantu Negara Dalam Pertahanan

Senin, 11 November 2019 22:49 Reporter : Merdeka
Fadli Zon Sebut Setiap Masyarakat Dapat Bantu Negara Dalam Pertahanan Fadli Zon. ©2017 dok foto dok ri

Merdeka.com - Kementerian Pertahanan akan mengajak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membentuk komponen cadangan pertahanan rakyat. Langkah itu disebut sesuai dengan Undang - Undang.

Aturan itu tertuang dalam Undang - Undang tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) yang baru disahkan parlemen periode lalu. Menurut Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon, beleid tersebut mengatur bahwa setiap elemen masyarakat dapat membantu negara dalam hal pertahanan.

"Itu kan sesuai dengan UU PDSN yang baru disahkan akhir September lalu. Dengan adanya UU itu ada bela negara dan saya kira melibatkan ormas, anak- anak muda dari mana-mana," kata Fadli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (11/119).

Pada rapat perdana Kemenhan dengan Komisi I DPR, hari ini, Menhan Prabowo Subianto menyatakan kekuatan teknologi Indonesia belum bisa mengalahkan negara lain. Oleh karena itu, diperlukan konsep pertahanan yang melibatkan masyarakat.

1 dari 1 halaman

Konsep Bela Negara Prabowo Sukarela

Fadli menerangkan, komponen cadangan pertahanan non- militer tersebut tidak sama dengan wajib militer yang berlaku di negara lain.

"Jadi dengan itu kita harapkan pertahanan rakyat semesta itu menjadi sebuah doktrin yang riil, bukan doktrin di atas kertas. Dengan doktrin yang riil itu pertahanan kita memang harus bertumpu kepada rakyat yang terlatih, dalam program bela negara itu," ujarnya.

"Saya kira beda ya. Kalau di Korea atau Singapura itu kan mereka wajib militer, national service," tambahnya.

Politisi Gerindra itu menerangkan, konsep bela negara ala Prabowo bersifat sukarela. "Rakyat juga terlatih. Saya kira itu yang diharapkan mempertahankan bangsa dan negara dalam situasi yang darurat dan genting," ia menandaskan.

Reporter: Delvira Hutabarat

Sumber: Liputan6.com [eko]

Baca juga:
Prabowo Pastikan Tidak akan Ada Wajib Militer
Blak-blakan Prabowo Ungkap Kelebihan dan Kekurangan Pertahanan Indonesia
Prabowo Sebut Kaum Terdidik Adalah Cadangan Pertahanan Negara
Prabowo Gandeng Kemendikbud Siapkan Perwira Cadangan dari Kalangan Pelajar
Prabowo: Strategi Tak Bisa Hanya Berdasar Atas Doa

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini