Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Epidemiolog Wanti-Wanti, Prediksi Gelombang 3 Covid-19 Terjadi di Bulan Desember 2021

Epidemiolog Wanti-Wanti, Prediksi Gelombang 3 Covid-19 Terjadi di Bulan Desember 2021 Berfoto di JPO Tanpa Atap. ©2021 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia Dicky Budiman memprediksi ancaman gelombang tiga Covid-19 kemungkinan besar terjadi di Desember 2021.

Ia melihat potensi melonjaknya kasus Covid-19 dimulai dari libur natal dan tahun baru yang berlangsung 2 pekan sebelumnya.

"Kalau saya prediksinya akhir Desember atau awal Januari, pertama mulai terjadi peningkatan kasus. Karena yang namanya liburan kan itu Natalan itukan pertengahan itu udah mulai libur itu, jadi dua minggu kan pertengahan Desember itu orang udah mulai (liburan). Ini bicaranya asumsinya nggak direndam ya, dua minggu jadi pertengahan Desember udah mulai libur ya berarti akhir Desember sudah mulai kasus-kasus itu naik," ujarnya saat dihubungi Merdeka, Rabu (13/10).

Fenomena natal dan tahun baru cenderung dikaitkan dengan aktivitas berlibur. Mulai dari pergerakan mobilitas hingga interaksi yang tinggi. Hal ini dinilai dapat membuka potensi penyebaran mutasi virus Covid-19. Terlebih varian Delta yang saat ini belum juga selesai.

"Varian Delta yang belum selesai loh, bahkan ada potensi varian baru seperti Mu, C.1.2 yang bisa jadi sudah ada di Indonesia yang akan bisa memperburuk," ujarnya.

Selain itu ia juga mengatakan penyebab utama third wave dapat terjadi dikarenakan sebagian besar masyarakat Indonesia belum divaksinasi. Level penurunan komunitas (level community transmission) di Indonesia yang rendah dapat menyebabkan lemahnya pencegahan third wave di Indonesia.

"Indonesia masih dalam level community transmission, yang artinya belum bisa mendeteksi sebagian besar kasus," katanya.

Disisi lain, Pengamat Kebijakan Publik Dr. Trubus Rahardiansyah, SH, MH, MS, menyampaikan bahwa lonjakan kasus bisa saja terjadi mulai dari kelonggaran yang diberikan pemerintah seperti penurunan waktu karantina bagi wisatawan mancanegara (wisman) yang berlibur ke Pulau Dewata saat penerbangan internasional dibuka besok.

"Yang dulunya 8 hari dipersingkat jadi 5 hari untuk karantinanya. Nah itu nanti kebijakan itu membawa potensi terjadinya banyaknya wisatawan datang ke Bali itu berpotensi terjadi penularan lagi," ujarnya saat dihubungi Merdeka, Rabu (13/10).

Ia juga menilai pengawasan dari pemerintah pusat dan daerah saat ini sudah kendor dan tidak seketat yang dulu. Terlebih terkait aplikasi PeduliLindungi yang tidak menjamin pemerintah dapat melacak masyarakat yang tergolong kategori merah dan hitam.

"Sekarang banyak orang berkeliaran kategori merah dan hitam kan, lalu mereka juga tidak melakukan tindakan apa-apa. Harusnya kan itu begitu ketahui yang bersangkutan merah atau hitam segera ini pemerintah merekomendasikan atau melalui langkah-langkah ada mekanisme prosedur yang kemudian seseorang itu mendapatkan layanan kesehatan," ujarnya.

Meski demikian ia menilai bahwa sebenarnya relaksasi yang dilakukan pemerintah sebenarnya merupakan kebijakan yang sudah tepat. Hal ini dilakukan pemerintah dikarenakan adanya tekanan ekonomi.

"Kalau dari aspek-aspek ini kebijakannya sendiri ya sudah tepat gitu karena pemerintah sendiri kan memang istilahnya itu tidak mampu untuk memberikan istilahnya kebutuhan dasar pada masyarakat kan dengan masyarakat mengurangi mobilitas yaitu masalahnya di situ. Jadi karena pemerintah tidak mampu maka pemerintah kemudian mengeluarkan kebijakan sifatnya relaksasi pelonggaran-pelonggaran," tuturnya.

Percepat Program Vaksin Booster

Dr. Trubus mengatakan program booster ini segera direalisasikan untuk mengantisipasi terjadinya third wave di Indonesia.

"Terbukti bahwa vaksin Sinovac itu atau vaksin Sinopharm itu kan memiliki tingkat efikasi selama 6 bulan itu setelah 6 bulan efikasinya menurun drastis. Jadi karena itu perlu ada kebijakan booster segera," katanya.

Edukasi Protokol Kesehatan

Trubus juga mengatakan pemerintah harus mendorong terutama pusat-pusat daerah untuk kolaborasi secara sinergis lagi untuk mengedukasi masyarakat dengan protokol kesehatan.

"Menurut saya untuk dikatakan transisi endemik sebenarnya belum tepat itu," ujarnya.

Terobosan pemerintah saat ini untuk mengatakan Indonesia pada masa transmisi endemik membuatnya merasa khawatir lantaran situasi di Indonesia masih abu-abu.

"Saya agak ngeri-ngeri sedap begitu pemerintah mengeluarkan transisi endemik padahal dalam situasi seperti ini tentu harus ada berbagai solusi, terobosan, kemudian persoalannya di bagaimana kesadaran masyarakat kan gitu ya," ujarnya.

Insentif dari Pemerintah

Dicky Budiman mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia bisa mencontoh pemerintahan di luar negeri dimana masyarakat yang tidak berlibur keluar kota mendapatkan insentif dari pemerintah

"Di Australia tuh begitu, ngasih insentif kalau kamu kesini perginya ke tempat yang aman kamu mendapatkan diskon lebih gede, baik tiketnya ataupun hotelnya atau di dalam kotanya," ujar Dicky.

Lebih lanjut ia mengatakan diskon yang didapat masyarakat ini merupakan hasil subsidi dari Pemerintah.

"Saya enggak tahu di dalam konteks ini pola serupa bisa enggak, tapi kurang lebih seperti itu. Ada insentif yang membuat orang berpikir semakin jauh semakin berisiko," ujarnya.

Ia menambahkan semakin jauh orang berpergian makan akan semakin berisiko serta semakin padat sebuah tempat atau lokasi juga akan semakin tinggi risikonya.

Reporter Magang: Leony Darmawan

(mdk/rhm)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Menkes Budi: Kasus Covid-19 di Indonesia Jelang Natal dan Tahun Baru 2024 Tak Mengkhawatirkan

Menkes Budi: Kasus Covid-19 di Indonesia Jelang Natal dan Tahun Baru 2024 Tak Mengkhawatirkan

Budi juga menganjurkan masyarakat untuk kembali menggunakan masker saat mengakses tempat-tempat yang rawan.

Baca Selengkapnya
Kasus Covid-19 Meningkat di 21 Provinsi

Kasus Covid-19 Meningkat di 21 Provinsi

Tren kenaikan kasus mingguan Covid-19 nasional per 9 Desember 2023 dilaporkan menyentuh angka 554 kasus positif.

Baca Selengkapnya
Kasus Covid-19 Muncul lagi, Sekda Jateng Sebut yang Terpapar Karena Belum Booster

Kasus Covid-19 Muncul lagi, Sekda Jateng Sebut yang Terpapar Karena Belum Booster

Terkait mobilisasi orang yang banyak berpotensi terjadi pada liburan Natal dan Tahun Baru, pemerintah belum mengeluarkan kebijakan pembatasan perjalanan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Tips Aman dari Covid-19 Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Tips Aman dari Covid-19 Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Pakar mengungkap sejumlah kiat agar masyarakat dapat menjalani liburan Natal dan Tahun Baru dengan aman di tengah kasus Covid-19 yang meningkat.

Baca Selengkapnya
Dokter Ungkap Kondisi Terkini Relawan Prabowo-Gibran di Sampang Korban Penembakan Usai Operasi

Dokter Ungkap Kondisi Terkini Relawan Prabowo-Gibran di Sampang Korban Penembakan Usai Operasi

Tim dokter saat ini masih melakukan perawatan dan observasi terkait kemungkinan gejala sisa.

Baca Selengkapnya
Libur Natal dan Tahun Baru, Penumpang Kereta Cepat Whoosh Meningkat 20 Persen

Libur Natal dan Tahun Baru, Penumpang Kereta Cepat Whoosh Meningkat 20 Persen

Jumlah itu meningkat signifikan dibandingkan periode yang sama di pekan sebelumnya.

Baca Selengkapnya
Blak-blakan Menkes soal Kenaikan Kasus Covid-19 JN.1

Blak-blakan Menkes soal Kenaikan Kasus Covid-19 JN.1

Hingga 19 Desember 2023, jumlah kasus Covid-19 JN.1 mencapai 41 kasus.

Baca Selengkapnya
Waspada, Daerah Ini Diprediksi Alami Cuaca Ekstrem Saat Malam Tahun Baru

Waspada, Daerah Ini Diprediksi Alami Cuaca Ekstrem Saat Malam Tahun Baru

BMKG memprediksi selama periode 31 Desember 2023 hinggga 2 Januari 2024, hujan sedang hingga lebat berpotensi melanda sejumlah wilayah.

Baca Selengkapnya
Pergerakan Masyarakat Saat Lebaran 2024 Diprediksi Tembus 193,6 Juta Orang

Pergerakan Masyarakat Saat Lebaran 2024 Diprediksi Tembus 193,6 Juta Orang

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi 193,6 juta orang Indonesia melakukan perjalanan saat libur Lebaran Idulfitri 1445H/2024 Masehi.

Baca Selengkapnya