DPR akan Sahkan RUU TPKS Hari Ini

Selasa, 12 April 2022 06:10 Reporter : Ahda Bayhaqi
DPR akan Sahkan RUU TPKS Hari Ini Gedung DPR. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan menggelar rapat paripurna pada Selasa (12/4) hari ini. Rapat paripurna itu akan mengesahkan Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) menjadi undang-undang.

"RUU TPKS akan disahkan pada tanggal 12 (April)," kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Senin (11/4).

Selain itu, pimpinan DPR juga telah memutuskan akan menggelar rapat paripurna penutupan masa sidang pada Kamis (14/4). DPR akan memasuki masa reses pada Jumat (15/4).

"Penutupan masa sidang tanggal 14 (April)," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani sebelumnya mengatakan, RUU TPKS akan disahkan sebelum memasuki masa reses. Dia mengungkapkan, RUU TPKS ini telah ditunggu-tunggu masyarakat untuk memberikan perlindungan bagi anak dan perempuan.

"Insyaallah akan segera berlaku dan bermanfaat dalam mitigasi dan perlindungan bagi anak dan perempuan ke depannya," terangnya.

Badan Legislasi DPR RI menyetujui RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) dalam rapat pleno pengambilan keputusan tingkat pertama. RUU TPKS segera dibawa ke rapat paripurna untuk disahkan.

"Apakah rancangan UU tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual ini bisa kita setujui untuk diteruskan dalam sidang paripurna untuk pembicaraan tingkat dua?" ujar Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas saat rapat pleno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/4).

"Setuju," jawab anggota dewan yang hadir.

Saat pandangan mini fraksi, delapan dari sembilan fraksi yang ada di DPR menyetujui RUU TPKS segera disahkan menjadi undang-undang. Hanya Fraksi PKS yang menolak pengesahan RUU TPKS.

"Dari sembilan fraksi, delapan fraksi menyatakan setuju dengan berbagai macam catatan yang ada di dalamnya," kata Supratman. [fik]

Baca juga:
Menteri PPA: RUU TPKS Tonggak Baru Payung Hukum Lindungi Korban Kekerasan Seksual
Ketua DPR: RUU TPKS akan Disahkan dalam Rapat Paripurna Terdekat
RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual Siap Disahkan Jadi UU
DPR dan Pemerintah Setujui RUU TPKS Disahkan di Paripurna, Hanya PKS Menolak
Alasan RUU TPKS Tak Atur tentang Pemerkosaan dan Aborsi
Baleg DPR Ambil Keputusan RUU TPKS Hari Ini
Dampak Pemerkosaan Tak Masuk RUU TPKS

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini