Direktur SMRC Sebut Sejumlah Menteri Layak Dipertahankan Jokowi

Jumat, 11 Oktober 2019 23:43 Reporter : Ya'cob Billiocta
Direktur SMRC Sebut Sejumlah Menteri Layak Dipertahankan Jokowi Rapat Kabinet Kerja. ©2014 Setpres/CahyoBruri Sasmito

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin bakal dilantik tanggal 20 Oktober. Sejumlah nama menteri kabinet kerja saat ini diprediksi mempunyai peluang besar untuk kembali dipilih mantan Gubernur DKI Jakarta itu sebagai menteri.

Terlebih, setelah Jokowi pernah secara gamblang menyatakan ada beberapa menteri yang tetap dipertahankan untuk kabinet periode kedua. Terkait posisinya, Jokowi belum menyebut secara jelas.

Jokowi berjanji memberikan porsi lebih besar bagi kalangan profesional untuk menjadi menteri. Komposisi menteri di kabinet kedua Jokowi yaitu 55 persen untuk profesional, sementara sisanya 45 persen dari kalangan politisi.

"Menteri yang bertahan banyak. Ya nanti dilihatlah," ucap Jokowi di Jakarta, Jumat 12 Juli 2019.

Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Sirojudin Abbas mengakui ada sejumlah menteri yang layak dipertahankan Jokowi untuk periode kedua pemerintahan. Hal ini berdasarkan kinerja para menteri di periode pertama ini.

"Ada sejumlah menteri yang menunjukan kinerja yang kinclong," ujar Sirojudin dalam diskusi Ngobrol Seru Gema Kosgoro, bertema Meneropong Kabinet Kerja Jilid 2 'Bertahan dan yang Terbuang', Jakarta, Jumat (11/10).

Selain itu, Sirojudin melanjutkan bahwa Jokowi nantinya memerlukan menteri yang visioner untuk mewujudkan target kerja pemerintahan.

"Pak Jokowi perlu dibantu oleh menteri yang visioner, tidak hanya berkarakter eksekutor," bebernya.

Sedangkan Direktur Gerakan Muda Jokowi-Maruf Amin (Gema Jomin) Dian Assafri menuturkan, ada delapan menteri dan pejabat yang dinilai layak untuk dipertahankan.

Kedelapan menteri dan pejabat itu adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki HadiMoeljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Berdasarkan aspirasi yang kami serap di masyarakat ada delapan menteri yang harus dipertahankan Jokowi pada kabinet kerja jilid dua untuk keberlanjutan pembangunan," ujar Dian Assafri. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini