Dimutasi, Irjen Pol Safaruddin mengaku bebas siapkan diri di Pilgub Kaltim

Jumat, 5 Januari 2018 22:30 Reporter : Nur Aditya
Dimutasi, Irjen Pol Safaruddin mengaku bebas siapkan diri di Pilgub Kaltim kapolda kaltim safarudin. ©2017 poldakaltim.com

Merdeka.com - Polri hari ini merotasi sejumlah perwira menengah dan perwira tinggi. Tidak terkecuali Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Safaruddin, yang digantikan Brigjen Pol Priyo Widyanto, yang saat ini menjabat Kapolda Jambi. Safaruddin justru merasa lega, dia masuk dalam daftar mutasi.

Dari telegram rahasia (TR) Kapolri Jenderal Tito Karnavian bernomor ST/16/I/2018 tertanggal 5 Januari 2018, Safaruddin menempati posisi baru sebagai pati badan Intelkam Polri dalam rangka pensiun.

"Ya bagus. Saya mengharapkan segera mutasi, supaya saya nggak tanggungjawab sebagai penanggung jawab keamanan, Kapolda kan?" kata Safaruddin kepada merdeka.com, Jumat (5/1) malam.

Kelegaan dia dimutasi, juga untuk menepis penilaian banyak pihak, bahwa dia memanfaatkan jabatan untuk maju di Pilgub Kaltim 2018.

"Jadi kalau saya dikasih rekomendasi PDIP kan saya sudah bebas, lebih lega kan? Selama ini kan ada kecurigaan saya salah gunakan wewenang segala macam," ujarnya.

Safaruddin balik bertanya perihal tudingan dia menyalahgunakan wewenangnya, selama menjabat jenderal bintang dua.

"Penyalahgunaan wewenang itu yang mana? Saya kira (penilaian) itu akan berakhir. Saya sudah tidak tanggung jawab keamanan dan bebas untuk siapkan diri, kalau memang dikasih rekomendasi oleh PDIP," terang Safaruddin.

Selain itu, Safaruddin juga kembali menggarisbawahi, bahwa mutasi dia ke Mabes Polri, juga sambil menunggu masa pensiunnya. "Jadi saya terima kabar mutasi itu hari ini, tadi sore. Saya kan memang sudah harus dimutasi, karena sudah mau pensiun Februari 2018 depan ini," demikian Safaruddin. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini