Datangi Djakarta Theater, Jokowi Dikabarkan Lakukan Simulasi Debat Capres

Rabu, 16 Januari 2019 19:35 Reporter : Merdeka
Datangi Djakarta Theater, Jokowi Dikabarkan Lakukan Simulasi Debat Capres Jokowi di Djakarta Theater. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Calon Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendatangi The Ballroom Djakarta Theater Jakarta, Rabu (16/1). Jokowi dikabarkan akan melakukan simulasi debat perdana Pilpres 2019.

Berdasarkan pantauan, Jokowi tiba di Gedung Djakarta Theater pada pukul 19.07. Jokowi tampak mengenakan kemeja bewarna putih. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu enggan menjawabsaat ditanya kedatangannya untuk melakukan simulasi jelang debat perdana.

"Nantilah saya belum tahu disuruh ngapain. Nanti setelah kita bicara di dalam baru," ucap Jokowi.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Moeldoko menuturkan pasangan capres nomor urut 01 melakukan latihan pendahuluan dalam menghadapi debat Pilpres 2019. Menurut dia, latihan pendahuluan sangat diperlukan dalam menghadapi situasi yang jarang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

"Ini kan istilahnya khusus, karena kejadiannya jarang dan ada substansi atau materi materi yang memang disiapkan secara khusus, sehingga wajar siapapun akan melakukan itu, rehearsal (latihan) namanya," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Mantan Panglima TNI itu menyebut latihan pendahuluan Jokowi-Ma'ruf menghadapi debat perdana ini turut melibatkan sejumlah ahli yang terkait dengan tema debat. Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra menjadi mentor untuk mempersiapkan bidang hukum.

"Ada ahli-ahli ya, ada ahli berkaitan dengan bagaimana berbicara, performance, bagaimana cara penyampaian, bagaimana cara menjawab, macam-macam. Ada pembidangan-pembidangan, ada bidang yang khusus menangani substansi," ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melakukan persiapan debat perdana. Dari mulai menetapkan moderator, panelis, dan tema debat capres cawapres.

Ira Koesno dan Imam Priyono terpilih sebagai moderator debat pertama Pilpres 2019. KPU juga telah merampungkan enam nama untuk menjadi panelis pada debat perdana Pilpres 2019.

Keenam panelis itu adalah Guru Besar Hukum Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana, Mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) Bagir Manan, dan Ketua Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) Ahmad Taufan Damanik.

Selanjutnya, ada nama Bivitri Susanti dan Margarito Kamis yang merupakan ahli tata negara. Terakhir adalah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo.

Sementara untuk tema, debat pertama tentang Hukum, HAM, Korupsi, Terorisme. Debat kedua tentang Energi dan Pangan, SDA dan lingkungan hidup, infrastruktur, debat ketiga tentang Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial dan Kebudayaan.

Reporter: Lisza Egeham
Sumber : Liputan6.com [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini