Cerita Warga Yogyakarta Berburu STB usai Siaran TV Analog Dimatikan

Sabtu, 3 Desember 2022 23:31 Reporter : Purnomo Edi
Cerita Warga Yogyakarta Berburu STB usai Siaran TV Analog Dimatikan Penjualan STB TV Digital meningkat. ©2022 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Pemerintah resmi mematikan siaran tv analog di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Terhitung sejak Jumat (2/12) pukul 24.00 WIB, siaran tv analog di sana tidak bisa lagi diakses.

Dimatikannya siaran tv analog ini berdampak pada masyarakat. Warga terpaksa harus membeli set top box (STB) agar bisa mengakses siaran tv digital.

Salah satunya adalah Narto, warga Banguntapan, Kabupaten Bantul yang harus mencari STB karena tv di rumahnya tak bisa mengakses siaran digital. Narto mengatakan sejak Sabtu (3/12) pagi, dia mencari STB di sejumlah toko.

"Saya tadi cari di beberapa toko elektronik di daerah Babarsari, Gejayan, sampai Glagahsari dan Gedongkuning. Barangnya sudah susah. Kalau ada harganya mahal. Tadi saya ditawari harganya Rp400 ribu. Katanya yang paling bagus itu," ucap Narto.

Narto mengungkapkan sempat mencari pula di toko online. Namun Narto mengaku agak-agak ragu untuk membeli karena takut barangnya tidak sesuai dengan keinginannya.

"Ini tadi mesan sama teman yang juga lagi nyari STB. Semoga dapat. Ya masih nyetel tv soalnya untuk mengurangi anak main HP soalnya," ungkap Narto.

"Kebijakan beralih ke tv digital ini menurut saya merepotkan. Jadi terpaksa harus beli STB kalau enggak ya harus beli tv yang sudah digital. Jadi tambah biaya ini," sambung Narto.

Senada dengan Narto, Ahmad Ali warga Gamping, Sleman juga harus mencari STB karena tv di rumahnya tak bisa mengakses siaran digital. Dia menyebut awalnya kaget karena tiba-tiba siaran tv hilang semua.

Kemudian dia mencari di media sosial ternyata sejak kemarin tidak bisa diakses. Ahmad mengungkap sebenarnya dirinya sudah jarang menonton tv.

2 dari 2 halaman

"Tadi pagi sampai siang sempat cari tapi belum dapat. Tadi di salah satu toko elektronik di Gamping juga pada antre cari STB. Harganya juga sudah naik, tadi sekitar Rp300 ribu lebih," ucap Ali.

Sedangkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) DIY Wahyu Nugroho menerangkan dengan dimatikannya siaran tv analog, pemerintah telah mendistribusikan bantuan STB ke DIY. Total ada 163.436 STB bantuan dari Kemenkominfo yang telah didistribusikan untuk masyarakat DIY.

"STB pembagian atau distribusi sudah 100 persen untuk wilayah di DIY. Jumlah penerimanya itu 163.436 total STB untuk di DIY," kata Wahyu, Jumat (2/12) kemarin.

Baca juga:
Link Cek Sertifikasi Set Top Box dari Kominfo
Daftar Wilayah TV Analog Dimatikan di Jabar, Jateng, Yogya, dan Kepulauan Riau
TV Analog Solo dan Semarang Dimatikan, Ini Harga Set Top Box Bersertifikat Kominfo
Menkominfo Beberkan Evaluasi Penghentian Siaran TV Analog di Hadapan DPR
Jangan Sampai Salah, Ini Daftar Set Top Box yang Bersertifikat Kominfo
Problematika STB Digital di Tasik: Tak Dapat Bantuan dan Mengira Harus Bayar Bulanan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini