Cek kesiapan pilkada di Kaltim, Polri butuh bantuan TNI untuk pengamanan

Rabu, 31 Januari 2018 22:33 Reporter : Nur Aditya
Cek kesiapan pilkada di Kaltim, Polri butuh bantuan TNI untuk pengamanan Apel pengamanan Pilkada. ©2016 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Mabes Polri menugaskan 33 perwira tinggi ke daerah untuk mengecek kesiapan pengamanan Pilkada serentak Juni 2018 mendatang. Hasil pengamatan, dinilai peran TNI sangat diperlukan untuk pengamanan Pilkada.

Rombongan perwira tinggi Mabes Polri dipimpin Kakorpolairud Polri, Irjen Pol Muhammad Chairul Noor Alamsyah, tiba di Polresta Samarinda pagi tadi, dan merampungkan asistensi pengecekan persiapan pengamanan yang dilakukan Polresta Samarinda dan jajaran sore ini, sekira pukul 16.30 Wita tadi.

"Masih ada kekurangan. Terutama soal data pengamanan yang belum lengkap," kata Chairul, ditemui merdeka.com di Mapolresta Samarinda, Rabu (31/1).

Bantuan TNI diyakini dapat menjaga kondusifitas daerah, menjelang pilkada gubernur, kabupaten dan kota.

"Kalau Kodam dan Kodim, sudah siap. Bantuan Kodam, TNI, sangat diperlukan. Karena kan jumlah polisi kan sedikit," ujar Chairul.

Lantas, bagaimana sejauh ini penilaian kondusifitas daerah di wilayah hukum Polda Kalimantan Timur, menurut Chairul tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

"Sampai sekarang, eskalasi ancaman di Kaltim masih bagus. Jadi, tidak ada (yang perlu dikhawatirkan). Termasuk situasi dan kondisi, aman. Insya Allah aman," kata Chairul.

Sebelum tiba di Samarinda, tim Mabes Polri mendatangi Polda Kalimantan Timur dan Kodam VI Mulawarman, membicarakan hal serupa. Sejauh ini juga, dalam penilaian tim Mabes Polri, Kalimantan Timur, relatif kondusif.

"Kami tadi dari Polda, Kodam, kemudian ke Polres. Kamis (1/2) besok ke Polres Paser dan Tarakan. Tarakan kan masih wilayah Polda Kaltim," ungkap Chairul. [lia]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini