Bocah Luka Bakar Usai Main Mercon Kini Alami Kesulitan Napas

Jumat, 14 Juni 2019 19:31 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Bocah Luka Bakar Usai Main Mercon Kini Alami Kesulitan Napas Pihak RSUP dr Kariadi jelaskan kondisi bocah terbakar karena main mercon. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - MK (10) bocah korban terbakar sekujur tubuh akibat bermain mercon bumbung dirawat intensif di RSUP dr Kariadi. Korban mengalami luka berat pada wajah yang menyebabkan keracunan karbon monoksida. Sehingga korban mengalami kesulitan napas.

"Jadi pasien masih menggunakan ventilator mekanik. Sebab terbakar kulitnya ada uap panas terhirup. Sehingga jalan napas bengkak menyebabkan kesulitan nafas," kata Kepala Instalasi rawat Intensif RSUP dr, Supriatna di RSUP dr Kariadi, Jumat (14/6).

Saat ini tim medis masih melakukan perawatan pada korban di ruang Pedriatic Intensif Care Unit (PICU) untuk anak di RSUP dr Kariadi, Semarang. Korban mengalami luka bakar 10 persen. Meski sudah membaik, lukanya masuk dalam kategori grade tiga. Bagian tubuh yang terluka antara lain tangan kiri, kedua kaki dan wajah. Bagian wajah dapat dikatakan paling parah karena luka bakarnya menyeluruh.

"Terakhir kondisinya masih dibuat tenang untuk menjaga supaya tangannya tidak menggaruk atau tidak bergerak banyak," ujarnya.

Ada tujuh dokter dari berbagai divisi ikut menangani Khoirul. Secara umum, proses penyembuhan luka bakar bisa berlangsung dalam 3 minggu jika ditangani dengan baik.

"Soal jaminan itu masih diurus oleh pihak keluarga dibantu oleh pemerintah. Saat ini belum menggunakan apa-apa, tapi pelayanan tetap kita optimalkan," tutup Supriatna. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Petasan
  2. Semarang
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini