BNN Bongkar Sindikat Narkoba Antarpulau, Sabu 18 Kg Disita

Senin, 4 Februari 2019 22:34 Reporter : Erwin Yohanes
BNN Bongkar Sindikat Narkoba Antarpulau, Sabu 18 Kg Disita penangkapan sindikat narkoba antar pulau. ©2019 Merdeka.com/erwin yohannes

Merdeka.com - Sindikat peredaran sabu antar pulau, dibongkar oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim. Dari penangkapan ini, 18 Kg narkotika jenis sabu pun berhasil disita.

Kepala BNNP Jatim, Brigjen Pol Bambang Budi Santoso mengatakan, pihaknya sudah cukup lama mengendus dugaan transaksi narkoba yang dilakukan oleh para pelaku. Setidaknya, terhitung sejak November hingga Desember 2018 lalu.

Dari pergerakan ini, pihaknya menengarai ada lima orang pelaku yang melakukan transaksi sabu tersebut. Di antaranya, Febriadi warga Dumai Riau, Hasan warga Sampang Madura, Hasrul warga Dumai Riau, Iskandar warga Bengkalis, dan Wati Sriayu warga Brebes Jawa Tengah.

"Mereka bukanlah yang pertama kalinya melakukan transaksi ini. Tapi sudah berkali-kali," ujarnya, Senin (4/2).

Ia menambahkan, pada 3 Januari lalu, tim analis BNNP Jatim kembali menerima informasi tentang rencana pengiriman narkoba ke Surabaya untuk selanjutnya dikirim ke Sampang, Madura.

penangkapan sindikat narkoba antar pulau ©2019 Merdeka.com/erwin yohannes

Atas informasi tersebut, petugas BNNP kemudian melakukan profiling terhadap para pelaku yang sudah masuk dalam target. Informasi yang masuk ke BNNP menyebutkan, jika sabu tersebut akan dikirimkan dengan rute Selat Malaka-Pulau Rupat-Dumai-Jakarta-Surabaya-Sampang.

"Selanjutnya mereka ditangkap saat menaiki travel. Tim melakukan pengembangan dengan menangkap para tersangka," tambahnya.

Penangkapan para tersangka ini pun berlanjut dengan disitanya barang bukti seberat 18 Kg. Barang bukti tersebut diketahui dikemas dengan berbagai bentuk untuk mengelabuhi petugas. Di antaranya bahkan ada yang dikemas dalam bungkus teh. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini