BMKG Pastikan Gelombang Air Laut di Banggai Normal usai Gempa

Jumat, 12 April 2019 21:37 Reporter : Ya'cob Billiocta
BMKG Pastikan Gelombang Air Laut di Banggai Normal usai Gempa Gempa Sulteng. ©Twitter BMKG

Merdeka.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut ketinggian gelombang air laut di Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan dan sekitarnya pascagempa magnitudo 6,9 masih berada pada level normal.

"Berdasarkan pantauan citra satelit BMKG, ketinggian gelombang air laut di Kabupaten Banggai dan sekitarnya pascagempa antara 0,5 hingga satu meter. Artinya masih normal," kata Forecaster BMKG Stasiun Metereologi Bandar Udara Mutiara Sis Al Djufrie Palu, Mohamad Fathan, Jumat (12/4).

Dia menjelaskan status ketinggian gelombang air laut dapat dikategorikan siaga jika di atas dua meter. Jika sudah setinggi itu maka warga yang berada di pesisir pantai diimbau untuk segera menjauh.

"Pantauan satelit sejak kemarin sampai sekarang masih normal antara 0,5 sampai satu meter. Belum ada perubahan. Hanya diprediksi Luwuk dan sekitarnya akan diguyur hujan dengan intensitas ringan," ucapnya.

Olehnya dia mengimbau warga untuk tidak mudah terpengaruh apalagi sampai terhasut dengan isu-isu yang tidak jelas perihal tsunami, dan naiknya air ke pemukiman warga.

Menurutnya, isu tersebut bisa saja diembuskan oleh pihak tidak bertanggung jawab yang ingin melakukan aksi kejahatan dengan memanfaatkan situasi dan kondisi rumah-rumah warga yang kosong ditinggal mengungsi.

"Olehnya saya mengimbau kepada warga agar mencari informasi resmi di situs atau media sosial BMKG. Bisa juga mencari tahu kebenaran informasi tersebut di situs atau media sosial resmi milik BNPB dan Basarnas," imbaunya. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini