Bertemu Perwakilan AS, Moeldoko Bahas Laut China Selatan hingga Papua

Senin, 2 September 2019 21:13 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Bertemu Perwakilan AS, Moeldoko Bahas Laut China Selatan hingga Papua Moeldoko Nilai Ada Poros Politik di Kericuhan Papua. ©2019 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko bertemu dengan Asisten Sekretaris Negara untuk Biro Urusan Asia Timur dan Pasifik dari Amerika Serikat (AS), David R Stillwell. Keduanya membahas program-program prioritas pemerintah Indonesia ke depan.

"Beliau ingin menanyakan beberapa hal yang pertama, prioritas agenda program pemerintah ke depan seperti apa. Terus yang kedua pandangan kita melihat perkembangan di Laut China Selatan seperti apa," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (2/9).

"Berikutnya ketiga bagaimana membangun keseimbangan dalam konteks bisnis antara Amerika dengan Indonesia dalam konteks perdagangan. Tiga hal itu yang tadi kita bicarakan," sambungnya.

Dalam pertemuan itu, Moeldoko mengaku tidak secara spesifik membahas kondisi peristiwa di Papua. Namun, dia berharap Amerika Serikat mendukung Indonesia terkait masalah Papua.

"Tidak, tidak secara spesifik membahas hal itu (Papua). Tetapi yang sama-sama kita inginkan adalah kita juga ingin kepada Amerika untuk memberikan support atas kondisi yang terjadi di Papua. Beliau sangat support ya, tentang kedaulatan sangat support," tutur Moeldoko.

Mantan Panglima TNI itu berharap AS mendukung Indonesia dari segala sisi. Dia berharap, kerja sama negeri Paman Sam dan Indonesia dapat terjalin dengan baik.

"Dari segala sisi, dari sisi diplomatik, dari sisi menjaga situasi bersama, karena kita sama-sama Amerika juga memiliki kegiatan di sana. Intinya bahwa Amerika memberikan kekuatan penuh," tandas Moeldoko. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini