Jokowi Diharapkan Berdialog dengan Tokoh Papua yang Berseberangan

Selasa, 24 September 2019 11:46 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Diharapkan Berdialog dengan Tokoh Papua yang Berseberangan DPRD Papua Dan Papua Barat Minta Presiden Jokowi Adakan Dialog. ©2019 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo serta anggota DPRD Papua dan Papua Barat bertemu dengan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (24/9). Perwakilan dari DPRD Papua Barat, Maybrat, Ferdinando Solosa menyampaikan beberapa poin untuk bisa disampaikan kepada Presiden Joko Widodo. Salah satunya yaitu masalah Papua bisa terselesaikan.

"Persoalan ini, harapan kami masalah di Papua bisa diselesaikan secara bertahap, dengan baik, sehingga pemerintahan dan pembangunan di sana bisa berjalan baik," kata Ferdinando dalam forum pertemuan di Kantor Staf Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (24/9).

Kemudian, dia juga berharap Moeldoko bisa memfasilitasi bertemu Presiden Joko Widodo. Kemudian, pihaknya juga meminta membuka dialog antara pemerintah pusat dan tokoh papua.

"Kami minta pemerintah membuka dialog antara pemerintah pusat dan tokoh papua khususnya yang dipandang memiliki ideologi yang konfrontatif atau berseberangan seperti ULWMP, dan KNPB," kata Ferdinando.

"Dialog dimaksud agar dilakukan dengan melibatkan pihak ketiga yang independen, netral, dan objektif dalam menyelesaikan akar persoalan politik," lanjut Ferdinando.

Beberapa poin-poin tersebut yang semula akan dibacakan seluruhnya tetapi tidak dibacakan. Sebab, Moeldoko akan mendampingi Jokowi dalam pertemuan lain. Kemudian dia pun berpesan agar anggota DPRD harus menyuarakan aspirasi masyarakat.

"Sehingga berbagai keluhan-keluhan yang dihadapi masyarakat Papua bisa ditangani dengan baik," kata Moeldoko. [eko]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini