Berkas bos PT Abu Tours Hamzah dinyatakan P21, kasus segera disidang

Kamis, 19 Juli 2018 19:13 Reporter : Salviah Ika Padmasari
Berkas bos PT Abu Tours Hamzah dinyatakan P21, kasus segera disidang Rumah bos Abu Tour disita. ©2018 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Berkas perkara tersangka Hamzah Mamba (HM), bos PT Abu Tours akhirnya dinyatakan P21 alias lengkap. Dengan demikian, tersangka penipuan puluhan ribu calon jemaah umrah dari berbagai daerah di Indonesia dengan kerugian Rp 1,4 triliun akan segera menjalani proses persidangan di pengadilan.

"Berkas tersangka HM sudah P21. Tapi terkait tahap dua nanti dilihat. Itu semua tergantung dari hasil koordinasi antara penyidik dan jaksanya," kata kata Kepala Seksi Penerangan dan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Sulsel, Salahuddin saat dikonfirmasi di Makassar, Kamis (19/7).

Sementara berkas tiga tersangka lainnya termasuk berkas Nursyahriah Mansyur, istri Hamzah Mamba masih status P18.

Sementara, Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Polisi Dicky Sondani yang juga dikonfirmasi membenarkan progres berkas para tersangka kasus PT Abu Tours itu.

Kata dia, berkas tersangka Hamzah Mamba sudah dinyatakan P21 oleh pihak kejaksaan dengan demikian pelimpahan berkas berikut tersangkanya akan dilakukan segera. Setelah itu, pihak Kejaksaan akan melimpahkan ke pengadilan untuk selanjutnya memasuki tahap proses persidangan.

"Berkas Hamzah Mamba sudah P21, nanti dilimpahkan ke Kejaksaan selanjutnya ke pengadilan. Tiga berkas lainnya belum P21, masih ada yang perlu perbaikan," kata Dicky.

Tiga berkas lainnya itu masing-masing dari tersangka Muhammad Kasim Sunusi, selaku manager keuangan PT Abu Tours, Chaeruddin alias Heru selaku komisaris serta Nursyahriah Mansyur juga menjabat komisaris. [bal]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini