Berdiam di Parit Permukiman Warga Bontang, Buaya 5 Meter Dievakuasi Selama 3 Jam

Sabtu, 26 Januari 2019 13:35 Reporter : Saud Rosadi
Berdiam di Parit Permukiman Warga Bontang, Buaya 5 Meter Dievakuasi Selama 3 Jam Penangkapan buaya 5 meter di Bontang. ©Istimewa

Merdeka.com - Warga RT 18, Loktuan, Bontang, Kalimantan Timur, dibikin heboh dengan keberadaan buaya muara (Crocodylus Porosus), di parit besar sekitar permukiman mereka. Buaya sepanjang 5 meter itu akhirnya dievakuasi sementara ke kantor Taman Nasional Kutai (TNK), Jumat (25/1) malam kemarin.

Keterangan diperoleh merdeka.com, buaya itu sudah ada sejak beberapa hari lalu. Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Loktuan, BPBD, Polres Bontang dan juga warga berinisiatif menangkap buaya yang meresahkan itu.

"Setelah kita terima laporan warga soal buaya itu, kita lakukan penangkapan dengan cara manual. Baik itu menggunakan kayu, tali dan jaring," kata personel Bhabinkamtibmas Loktuan, Ahmad Bajuri, di lokasi penangkapan.

Bajuri menerangkan, buaya itu sudah terlihat 3 hari terakhir. Sesekali, buaya bergerak ke permukiman warga. "Dari 3 kali penangkapan buaya di kawasan Loktuan ini, buaya ini berukuran yang paling besar," ujar Bajuri.

Proses penangkapan dilakukan mulai pukul 19.00 Wita. Tidak mudah menangkap buaya ganas itu. Satwa reptil itu terlihat beringas saat akan diikat oleh warga. Bahkan, amukan sang buaya sempat membuat petugas panik.

Semua yang terlibat di lokasi melakukan strategi. Tiga jam kemudian, setelah beberapa mengamuk dan melawan, buaya itu berhasil dijinakkan dan ditangkap pukul 22.00 Wita. "Sempat 3 kali kembali melawan, waktu dinaikkan ke mobil," ungkap Bajuri.

Buaya sementara ini berada di kantor Balai Taman Nasional Kutai (TNK) di Bontang. Rencananya, akan dilepasliarkan kembali ke tempat yang jauh dari permukiman warga.

"Kami koordinasi dulu ke BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam). Karena, penentuan tempat satwa dilepasliarkan, jadi ranah BKSDA Kaltim ya," kata petugas pengendali ekosistem hutan Balai TNK, Dedi Setiawan.

Petugas gabungan meningatkan warga Loktuan agar terus waspada. Sebab, bukan tidak mungkin, ada buaya lain yang masih berkeliaran di kawasan Loktuan. [lia]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini