Bekasi rampungkan terowongan penangkal banjir

Kamis, 8 Februari 2018 23:36 Reporter : Adi Nugroho
Bekasi rampungkan terowongan penangkal banjir Terowongan penangkal banjir di Bekasi. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Dinas Bina Marga dan SDA, Kota Bekasi, meresmikan crossing jalan tol di Bekasi Timur. Terowongan baru itu untuk menanggulangi banjir di wilayah Rawalumbu.

Kepala Dinas Bina Marga dan SDA Kota Bekasi, Tri Adhianto mengatakan, terowongan ini memiliki panjang 48 meter. Letaknya di bawah Kalimalang. Sedangkan di bawah jalan tol panjangnya mencapai 59 meter. Terowongan ini memiliki lebar tiga meter dan tinggi dua meter.

"Dibangun tahun lalu menggunakan dana APBD Kota Bekasi Rp 20 miliar, dan bantuan provinsi Rp 10 miliar," kata Tri di lokasi, Kamis (8/2).

Tri mengatakan, terowongan banjir ini akan segera dioperasikan. Kini hanya tinggal merapikan jalur masuk dan keluar. Dia mengatakan, finalisasi tersebut membutuhkan waktu sekitar sepekan.

"Diharapkan banjir di daerah Rawalumbu segera tertanggulangi, meskipun di Pengasinan sudah ada polder air tapi belum maksimal," ujarnya.

Terowongan banjir ini memiliki kapasitas 3,1 meter kubik perdetik, sedangkan yang eksis sebelumnya 1,3 meter kubik per detik. Artinya, jika sudah beroperasi semuanya kapasitas crossing mencapai 4,4 meter kubik per detik.

"Aliran air dari hulu ke hilir semakin lancar, jadi genangan di wilayah hulu segera surut," kata Tri. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Banjir Bekasi
  2. Banjir
  3. Musim Hujan
  4. Bekasi
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini