Banyak jajanan berformalin beredar di pasar tradisional Sukoharjo

Rabu, 13 April 2016 17:30 Reporter : Arie Sunaryo
Banyak jajanan berformalin beredar di pasar tradisional Sukoharjo Ilustrasi. ©2016 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Banyak makanan yang mengandung formalin dan zat kimia berbahaya beredar di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Temuan tersebut diperoleh tim Puskesmas Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, saat mengadakan sidak belum lama ini.

"Dari hasil pengambilan 15 sampel makanan yang kami lakukan, ada enam jenis makanan yang bahan berbahaya," ujar Kepala Puskesmas Gatak Tri Prasetyo, Rabu (13/4).

Keenam jenis makanan tersebut sudah dilakukan uji laboratorium. Dan hasilnya positif mengandung formalin dan zat kimia berbahaya. Menurut Tri, rata-rata makanan yang mengandung formalin dan boraks adalah jajanan tradisional yang diminati masyarakat.

"Kami mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati dan selektif dalam memilih bahan makanan yang akan dikonsumsi," katanya.

Dia menjelaskan, masyarakat harus menghindari makanan dengan warna lebih mencolok atau terlalu cerah dan teksturnya terlalu kenyal. Tri menambahkan, pihaknya sudah berupaya untuk meminimalisir beredarnya makanan yang mengandung bahan berbahaya.

"Kami sudah berusaha dengan melakukan sosialisasi makanan berbahaya kepada para pedagang jajanan keliling," pungkasnya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Makanan Berbahaya
  2. Sukoharjo
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini