Api melalap 1 hektar lahar milik Chevron di Bukit Jin

Sabtu, 14 Januari 2017 21:12 Reporter : Abdullah Sani
Api melalap 1 hektar lahar milik Chevron di Bukit Jin Ilustrasi Kebakaran Hutan. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Bekas lahan konsesi milik PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) di sebelah perumahan Chevron, Bukit Jin, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai, terbakar, Jumat (13/1 sekitar pukul 14.30 WIB. Api yang belum diketahui sumbernya itu melalap satu hektar lahan di lokasi tersebut.

Petugas masih berjibaku memadamkan api di Tempat Kejadian Perkara (TKP). Petugas dibantu satu unit mobil pemadam dari Chevron, dan satu unit mobil pemadam milik Pemerintah Kota (Pemkot) Dumai.

"Sampai saat ini, petugas masih memadamkan api di lahan yang terbakar," ujar Kapolres Dumai, AKBP Donal Happy Ginting Sik, kepada merdeka.com Sabtu (14/1).

Pemadaman dilakukan oleh anggota Kepolisian Sektor Dumai Barat, Tentara Nasional Indonesia (TNI), badan Nasional Penanggulangan Bencana Kotamadya Dumai, Manggala Agni dan petugas dari Kelurahan Bukit Timah. "Lahan yang terbakar di areal ini sekitar satu hektare," kata Donal.

Menurut Donal, Tim Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Dumai masih menyelidiki kasus ini. Pihaknya masih mencari siapa pelaku pembakaran lahan tersebut.

Dalam beberapa hari terakhir, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mendeteksi. Munculnya titik-titik panas yang mengindikasikan adanya kebakaran hutan dan lahan di Riau. Titik panas itu muncul seiring masuknya musim kemarau.

Dari data BMKG, titik panas menyebar di sejumlah kabupaten di Riau, Di antaranya di Kabupaten Rokan Hilir, Rokan Hilir, Siak, Pelalawan, Kuantan Singingi dan Indragiri Hulu. Kebakaran hutan dan lahan juga terjadi di beberapa daerah.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Gafur, menjelaskan dalam beberapa hari terakhir sejumlah daerah memang mengalami kebakaran lahan. "Namun kebakaran itu sudah berhasil diatasi beberapa waktu lalu," ujarnya. [ded]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini