KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Anies: Kedatangan Obama memberi kesan positif Indonesia negeri aman

Sabtu, 1 Juli 2017 11:34 Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro
Obama di Istana Bogor. ©2017 AFP PHOTO/POOL

Merdeka.com - Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan turut menghadiri Konvensi Diaspora Indonesia ke-4. Forum berkumpulnya para diaspora Indonesia ini dihadiri mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, yang turut memberikan pidatonya.

Menurut Anies, kedatangan Obama di Indonesia, terlebih menjadi pembicara di forum diaspora tersebut, membuat citra Indonesia semakin positif di mata dunia. Hal ini diharapkan bisa membuat Indonesia semakin diterima dunia internasional.

"Saya rasa (kedatangan) Obama memberi kesan positif Indonesia sebagai salah satu contoh negeri demokratis yang aman, dan saya harap Indonesia akan semakin diterima internasional," tutur Anies di The Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (1/7).

Sementara itu, Anies menyebutkan bersyukur atas banyaknya diaspora Indonesia di berbagai belahan dunia yang tidak melupakan tanah airnya. Para diaspora ini, menurut Anies, turut membantu pembangunan Indonesia.

Sebagai mantan diaspora Indonesia, Anies mengaku tidak pernah melupakan Tanah Air saat mengenyam pendidikan di negeri orang.

"Pesawat bisa membawa badan kita pergi tapi hati dan pikiran tidak pernah bisa meninggalkan Indonesia. Itu terasa sekali," ujarnya.

Dia menambahkan membangun Indonesia tidak melulu dari dalam negeri. "Karena membantu pembangunan Indonesia bisa dari mana saja," imbuh Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini didaulat menjadi salah satu pembicara dalam panel diskusi bertajuk 'Peran Diaspora Menyebarkan Toleransi dan Kerukunan Beragama di Pentas Dunia'. Dia mengaku tidak memerlukan persiapan khusus sebagai salah satu pembicara.

Pasalnya, Anies menambahkan, apa yang akan dia sampaikan sejalan dengan kehidupan sehari-hari di Indonesia.

Kongres Diaspora Indonesia ke-4 ini rencananya akan dihadiri Menteri Luar Negeri Indonesia, Ketua DPR Setya Novanto dan pejabat tinggi lainnya. [dan]

Topik berita Terkait:
  1. Barack Obama
  2. Anies Baswedan
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.