Angka Kasus Corona Tinggi, Kebutuhan Oksigen Medis di Sumbar akan Terus Meningkat

Kamis, 29 Juli 2021 03:31 Reporter : Ikhwan
Angka Kasus Corona Tinggi, Kebutuhan Oksigen Medis di Sumbar akan Terus Meningkat Oksigen medis. ©2021 Pemprov Jabar

Merdeka.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Barat (Sumbar) Arry Yuswandy menyatakan, kebutuhan oksigen mencapai 500 ribu kubik. Dia memperkirakan kebutuhan oksigen itu akan terus meningkat, karena masih tingginya angka Covid-19. Sedangkan untuk suplai saat ini, menurutnya tidak sesuai dengan jumlah kebutuhan.

Untuk mengantisipasi kekurangannya oksigen pada rumah sakit, pihaknya telah meminta agar masing-masing rumah sakit membuat laporan terkait kebutuhan oksigen.

"Kita sudah minta masing-masing rumah sakit untuk membuat laporan terkait kebutuhan oksigen. Namun dari 42 rumah sakit rujukan (Covid-19), baru 21 rumah sakit yang telah memberikan laporannya," kata Arry di Padang, Rabu (28/7).

Dia menjelaskan, untuk mengantisipasi kenakalan penyedia oksigen di Sumbar, pihaknya juga telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) oksigen.

Satgas ini bertugas untuk mengatur dan mendata ketersedian serta pendistribusian oksigen pada rumah sakit yang ada di Sumbar.

"Kita saat ini tengah membentuk Satgas Oksigen, sedangkan persiapkan SK-nya. Ini kita lakukan, agar dapat berbagi peran dalam menyiapkan oksigen setiap harinya, supaya pendataannya lebih, jadi nanti ada oksigen yang masuk, tim Satgas bisa langsung eksekusi," lanjut Arry.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu sejumlah rumah sakit di Sumbar mengeluhkan kurangnya stok tabung oksigen, salah satunya RS Universitas Andalas (Unand) Padang.

Bahkan, terkait kelangkaan itu, Polda Sumbar juga turun tangan menyelidiki keluhan tersebut.

Setelah penyelidikan, kepolisian mendapati tidak ada tindakan penimbunan tabung oksigen di Sumbar. Namun produsen mengaku terbatas memproduksi, lantaran kehabisan liquid untuk memproduksi oksigen tersebut. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini