AJI: Upah Layak Jurnalis Pemula Tahun 2019 Rp 8.420.000

Minggu, 27 Januari 2019 16:46 Reporter : Sania Mashabi
AJI: Upah Layak Jurnalis Pemula Tahun 2019 Rp 8.420.000 Ilustrasi Wartawan. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menetapkan upah layak jurnalis pemula di tahun 2019 sebesar Rp 8.420.000 per-bulan. Angka itu ditetapkan berdasarkan kebutuhan layak jurnalis ditambah dengan kebutuhan tabungan 10 persen.

"Angka upah layak tersebut adalah take home pay atau gaji total setiap bulan yang diperoleh jurnalis," kata Sekretaris AJI Jakarta Afwan Purwanto di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan, Minggu (27/1).

Menurutnya, para jurnalis memiliki kebutuhan-kebutuhan tambahan. Mulai dari kebutuhan internet dan juga biaya komunikasi.

"Selain itu ada kebutuhan untuk memperluas wawasan jurnalis seperti bahan bacaan dan langganan koran atau majalah (baik daring maupun luring)," ungkapnya.

Tambah Afwan, memenuhi upah jurnalis sesuai standar sangat penting. Sebab, kata dia, itu penting untuk menjaga profesionalitas dan taraf hidup jurnalis.

"AJI Jakarta mendesak perusahaan media mengupah jurnalisnya dengan layak agar jurnalis dapat bekerja dengan independen dan profesional," ucapnya.

"Selain itu, jurnalis merupakan salah satu profesi yang berisiko tinggi sehingga sudah seharusnya memperoleh upah yang layak," tandasnya. [ian]

Topik berita Terkait:
  1. Wartawan
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini