3 Hari Diguyur Hujan Deras, 9 Kecamatan di Aceh Barat dan Nagan Raya Dilanda Banjir

Selasa, 21 Desember 2021 12:56 Reporter : Alfath Asmunda
3 Hari Diguyur Hujan Deras, 9 Kecamatan di Aceh Barat dan Nagan Raya Dilanda Banjir Permukiman di Nagan Raya terendam banjir. ©2021 Merdeka.com/HO-BPBA

Merdeka.com - Banjir merendam wilayah 7 kecamatan di Kabupaten Aceh Barat dan 2 kecamatan di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Selasa (21/11). Ribuan rumah warga terdampak bencana alam ini.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas mengatakan, banjir dipicu hujan deras yang melanda kawasan itu sejak tiga hari belakangan.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini. Namun, selain merendam rumah warga, banjir turut menggenangi sejumlah fasilitas publik dan jalan.

"Ketinggian air mencapai satu meter lebih. Air masuk ke rumah warga sekitar pukul 03.00 WIB dini hari tadi," kata Kepala Pelaksana BPBA Ilyas, Selasa (21/12).

Dia menyebut, tujuh kecamatan yang terendam banjir itu yakni: Kecamatan Woyla Timur, Woyla Barat, Meureubo, Johan Pahlawan, Kaway XVI, Arongan, dan Woyla Induk.

Saat ini, belum ada warga yang mengungsi. Namun, banjir belum surut dan hujan masih mengguyur kawasan tersebut.

2 dari 2 halaman

Banjir di Nagan Raya

Di kabupaten tetangga Aceh Barat, yakni Nagan Raya, 13 desa dalam dua kecamatan juga terendam banjir. Ketinggian air mencapai 30 sampai 70 sentimeter merendam sejumlah desa di Kecamatan Darul Makmur dan Tripa Makmu.

BPBA mengimbau warga siaga terhadap bencana hidrometeorologi, lantaran bibit siklon tropis 94B terpantau di Samudera Hindia sebelah barat Aceh.

"Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan konvektif, yang dapat menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang," ujar Ilyas. [yan]

Baca juga:
Warga Sepaku Diminta Waspadai Banjir Rob
Hujan Deras, Kemang Banjir dan 21 RT di Petogogan Jaksel Terendam
Ini Penyebab Jalan Kemang Raya Banjir
Kemang Banjir, Petugas Sudin SDA Kerahkan 2 Pompa Stasioner untuk Alirkan Air ke Kali
Kemang Raya Banjir, Aktivitas Lalu Lintas Tersendat
Pemprov Sumut Bantu Korban Banjir di Mandailing Natal

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini