24 Gubernur dan 6 wagub berkumpul di Bandung, perkuat sinergitas antarprovinsi

Rabu, 21 Februari 2018 23:32 Reporter : Aksara Bebey
24 Gubernur dan 6 wagub berkumpul di Bandung, perkuat sinergitas antarprovinsi Mendagri buka rakernas APPSI di Bandung. ©2018 Merdeka.com/aksara bebey

Merdeka.com - Pemprov Jawa Barat menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI). Isu utama yang dibahas adalah penguatan ekonomi dengan sinergitas antar provinsi.

Acara yang diselenggarakan di The Trans Luxury Hotel itu dibuka oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, mewakili Presiden RI, Joko Widodo yang berhalangan hadir.

Pembukaan Rakernas ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan langsung Tjahjo yang mengenakan batik merah didampingi Ketua APPSI Syahrul Yasin Limpo dan tuan rumah Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

Tjahjo Kumolo berharap kegiatan ini menjadi momentum memperkuat sinergitas dalam bidang ekonomi dan perdagangan.

"Ini harus dimanfaatkan dalam rangka memperkuat sinergitas, konektivitas dan inovasi di bidang ekonomi dan perdagangan. Ini penting untuk kemandirian kita sebagai bangsa," katanya.

Dengan isu yang dibahas dalam Rakernas kali ini, kepala daerah bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk saling memenuhi kebutuhan dengan provinsi lainnya.

"Contohnya, Jawa Timur kita tahu memiliki produksi sapi melimpah, itu bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan daerah lain," ucapnya.

"Jawa Barat bisa menyokong dari segi tekstil atau komoditas unggulannya. Jadi saling melengkapi, saling menguntungkan" terangnya.

Kondisi seperti ini jika terealisasi, lanjut Tjahjo, selain bisa menekan impor, juga bisa membuat kemandirian ekonomi daerah dan nasional tumbuh.

Dalam kesempatan itu Tjahjo meminta kepada seluruh gubernur yang hadir untuk tetap mengikuti acara Rakernas APPSI. Pasalnya, Joko Widodo yang hari ini tidak bisa hadir, dijadwalkan akan memberi pengarahan dan menerima masukan pada, Kamis (22/2).

"Besok Presiden akan datang, kalau tidak ada halangan, siang akan ke sini. Jadi, saya minta untuk tetap mengikuti acara," ucapnya.

Rakernas APPSI kali ini dihadiri oleh 24 gubernur dan 6 wakil gubernur. Jumlah itu disebut sebagai kehadiran paling tinggi selama penyelenggaraan Rakernas APPSI yang pernah diselenggarakan di sebuah daerah.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengaku bahagia dengan antusiasme peserta yang hadir.

"Saya merasa bahagia ada 24 gubernur dan 6 wagub yang hadir. Kehadiran kali ini paling besar dibanding penyelenggaraan sebelumnya," kata Aher. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini