19 Jam Tersesat di Lereng Lawu, Guru SD Karanganyar Ditemukan Selamat

Rabu, 2 Januari 2019 21:28 Reporter : Arie Sunaryo
19 Jam Tersesat di Lereng Lawu, Guru SD Karanganyar Ditemukan Selamat Gunung Lawu. wisatagunung.wordpress.com

Merdeka.com - Bambang Santoso (55), seorang guru SD Negeri 1 Kutho, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, tersesat di lereng Gunung Lawu. Bambang hilang di hutan sejak Selasa (1/1) malam, sekitar pukul 20.00 WIB.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, saat itu Bambang pergi meninggalkan rumah dengan menaiki sepeda gunung. Ia kemudian menuju kawasan pegunungan kebun teh di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso. Setiba di lokasi sekitar pukul 10.00 WIB, ia kemudian menitipkan sepedanya ke salah satu warga di Desa Segoro Gunung, RT 02/07, Ngargoyoso.

Saat berpamitan dengan pemilik rumah, warga Dukuh Randu Bener, Desa Kuto, Kecamatan Kerjo itu mengatakan akan bertemu seorang temannya di Dusun Tambak Sukuh. Namun hingga malam Bambang tak kunjung kembali untuk mengambil sepeda yang ditinggalkan.

Sekitar pukul 20.00 WIB, Bambang memberikan kabar kepada salah satu temannya melalui pesan WhatsApp, jika dirinya tersesat di tengah hutan. Saat itu diperkirakan posisi terakhir Bambang berada di seputaran hutan Tambak, Berjo, Ngargoyoso. Informasi hilangnya Bambang pun sempat tersebar luas di media sosial.

Tak lama kemudian sejumlah warga relawan Karanganyar Emergency (KE) melakukan pencarian dilakukan.

Humas Basarnas Pos Surakarta Yohan Tri Anggoro membenarkan peristiwa tersebut. Saat itu Bambang memang bersepeda, namun dilanjutkan dengan berlari-lari kearah hutan Tambak Sukuh.

Saat tersesat, anak korban mendapat kabar WhatsApp. Saat itu korban mengatakan masih ada di sekitaran jembatan merah.

Pencarian yang dilakukan tim gabungan akhirnya membuahkan hasil. Bambang ditemukan sekitar 4,2 kilometer dari Posko Tambak, Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso. Saat ditemukan, korban masih mengenakan helm sepeda lengkap dengan pakaian sepeda gunung.

"Kita temukan korban setelah pencarian dari semalam. Kita cari dengan melewati track trail, survivor diketemukan oleh tim SAR gabungan sekira pukul 15.30, dengan kondisi selamat, cuaca saat penemuan hujan deras," ujar Yohan, Rabu (2/1) petang. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Orang Hilang
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini