Hari Bumi Internasional 22 April, seperti apa sejarahnya?

Jumat, 22 April 2016 08:00 Reporter : Dewi Ratna
Hari Bumi Internasional 22 April, seperti apa sejarahnya? Ilustrasi Hari Bumi. ©Shutterstock/Milleflore Images

Merdeka.com - Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari Bumi ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap planet yang kita tinggali ini. Harapannya, semakin banyak orang yang peduli pada kelestarian alam, makin nyaman juga Bumi ini untuk ditinggali.

Orang yang mempelopori Hari Bumi Internasional adalah Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson, pengajar lingkungan hidup. Hari Bumi dicanangkan pertama kali pada tahun 1970. Saat itu kira-kira 20 juta warga Amerika Serikat dan mahasiswa turun ke jalan memenuhi sejumlah taman dan auditorium untuk mengampanyekan kesehatan dan kelestarian lingkungan. Kini hari bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network).

Setelah masyarakat mulai peduli pada lingkungan, muncullah kelompok-kelompok pelestari lingkungan hidup, antara lain Environmental Action, kelompok Greenpeace, Environmentalist for Full Employment, Worldwatch Institute, dan masih banyak lagi.

Nah, di masa yang semakin modern ini, tahu sejarah Hari Bumi aja nggak cukup. Kamu juga bisa ikut memperingati Hari Bumi dengan cara masing-masing. Berbagai sekolah dan komunitas pecinta lingkungan di Indonesia juga ikut melakukan sesuatu pada Hari Bumi, misalnya:

Berkunjung ke hutan gundul dan menanam banyak pohon di sana
Bergotong-royong membersihkan sampah di taman dan jalan raya
Melakukan sosialisasi diet kantong dan pembungkus plastik yang sulit diuraikan di tanah
Mengadakan lomba pidato, mading atau karya tulis tentang Hari Bumi
Membuat car free day, sehingga masyarakat memahami pentingnya berhemat energi BBM

Selain contoh-contoh di atas, masih banyak lagi acara yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Bumi. Kamu mau ikut berpartisipasi? [iwe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini