Kompetitif, Harga All New Toyota Rush hanya naik Rp 3 jutaan

Jumat, 24 November 2017 00:02 Reporter : Syakur Usman
Kompetitif, Harga All New Toyota Rush hanya naik Rp 3 jutaan All New Toyota Rush. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Mobil low sport utility vehicle (SUV) All New Toyota Rush meluncur resmi di Jakarta, Kamis (23/11). Generasi kedua Toyota Rush ini mengalami ubahan 'radikal', antara lain dengan menghilangkan 'konde' alias ban serep di belakang. Sayang, harga resminya belum dibuka oleh PT Toyota Astra Motor.

"Harga jual akan diberikan pada awal Januari 2018, karena kami menunggu regulasi baru beabalik nama (BBN). Tapi kami perkirakan kenaikan harganya sekitar 3 juta dari generasi lawasnya," ujar Yoshihiro Nakata, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor. usai menghadiri peluncuran All New Rush. Meski harga baru diumumkan Januari 2018, konsumen sudah bisa memesan mobil ini di seluruh diler Toyota di Indonesia. Dengan kenaikan harga cuma Rp 3 jutaan, All New Rush sangat bersaing dengan Honda HR-V 1.5 dan BR-V yang mendominasi low SUV pada tahun ini.

Kata Nakata, All New Rush memiliki konsep desain tangguh (tough) dan dinamis. Dikembangkan sebagai mobil real SUV untuk menjawab tantangan kebutuhan masyarakat dengan mobilitas perkotaan yang kian dinamis.

All New Rush memiliki dimensi lebih lapang, sebab lebih panjang 230 milimeter dari model sebelumnya menjadi 4.435 milimeter. Sehingga bobotnya lebih berat belasan kilogram dari generasi pertama. Tapi konsumsi bahan bakarnya justriu lebih hemat sekitar 10-20 persen. Kok bisa? Karena Toyota mengurangi performasi mesin All New Rush. Ini menarik, menggunakan mesin Avanza Veloz 2NR-VE DOHC dual VVTi berkapasitas 1.500 cc, performa mesin melemah tenaganya menjadi 104 ps per 6.000 rpm dengan torsi maksimum 13,9 kgm per 4.200 rpm.

Hadir dalam dua tipe, yakni G dan TRD Sportivo. Khusus TRD Sportivo, bagian panel depan dilapisi material yang lembut agar semakin eksklusif. Posisi duduknya juga tinggi layaknya SUV sehingga memberikan jarak pandang yang lebih luas dan jauh. Semua tipe dilengkapi AC double blower, pengaturan audio di setir, dengan pengaturan AC menggunakan layar digital. Fitur entertainmentnya lengkap, untuk tipe TRD Sportivo dilengkapi DVD AVX layar 7 inci dengan dukungan 8 speaker (sedangkan tipe G hanya 6 speaker). Meski tenaganya lebih jjinak, tapi fitur keamanan dan keselamatannya lebih berlimpah dari sebelumnya berkat fitur ABS, hill start assist control (HSA), vehicle stability control (VSC), dan enam airbags. Jadinya, All New Rush lebih aman dikendarai dan stabil. Dengan enam warna yang ditawarkan, Toyota menargetkan penjualannya 2.500 unit per bulan atau meraih 30 persen pangsa pasar di segmen low SUV. [ega]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini