Daihatsu Recall 36 Ribu Unit Gran Max 1.5L dan Luxio, Ada Masalah Komponen Mesin

Jumat, 1 November 2019 17:10 Reporter : Syakur Usman
Daihatsu Recall 36 Ribu Unit Gran Max 1.5L dan Luxio, Ada Masalah Komponen Mesin Daihatsu Gran Max. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Daihatsu Indonesia terpaksa melakukan penarikan kembali (recall) terhadap mobil Daihatsu model Gran Max 1.5L dan Luxio mulai hari ini, Jumat (1/11), karena ada masalah di komponen connecting rod di dalam mesin 1.5L 3SZ. Masalah ini menyebabkan mesin bisa berhenti mendadak, sehingga membahayakan pengendara saat di jalan.

Model Gran Max 1.5L dan Luxio yang kena recall adalah produksi Maret 2018-April 2019. Jumlah unit yang recall mencapai 36.915 unit di seluruh Indonesia. Untuk model Gran Max, yang terkena recall adalah tipe pikap dan minibus.

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor, menjelaskan untuk penggantian komponen connecting rod bersifat gratis alias bebas biaya. Bahkan pelanggan yang terkena recall akan mendapat vocer paket ganti oli mesin gratis untuk servis berikutnya.

"Kami mengimbau kepada pelanggan yang moblnya termasuk dalam program recall ini untuk menghubungi diler resmi Daihatrsu terdekat di seluruh Indonesia. Setiap pengguna mobil model ini bisa mengetahui apakah mobilnya kena recall atau tidak dengan menghubungi hotline 1500-898 kapan pun selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu," ujar Amelia Tjandra saat keterangan pers di kantornya, Jumat (1/11).

Dia menegaskan program recall ini bentuk komitmen Daihatsu untuk bertanggung jawab dalam memberikan produk dan layanan terbaik, sehingga pelanggan dapat tetap beraktivitas dan berbisnis dengan lebih aman dan nyaman.

Sejak diluncurkan kali pertama, Gran Max pada 2008 dan Luzio pada 2009, jumlah unit kedua kendaraan yang beredar di pasar lebih dari 300 ribu unit.

Anjar Rosjadi, Head Technical Service Division ADM, menambahkan recall ini hanya berlaku bagi Gran Max dengan kapasitas mesin 1.500 cc. Sedangkan Gran Max 1.300 cc tidak ada masalah, sehingga tidak ada recall.

"Yang ada masalah hanya varian mesinn 1.500 cc. Yang kena recall sebanyak 70 persen model Gran max baik pikap maupun minibus. Sisanya Luxio," tegasnya. [sya]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini