Astra Honda Racing Team kembali rajai podium ARRC 2018 hari kedua

Minggu, 14 Oktober 2018 20:22 Reporter : Wuri
Astra Honda Racing Team kembali rajai podium ARRC 2018 hari kedua Astra Honda Racing Team kembali rajai podium ARRC 2018 hari kedua. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Seri kelima Asia Road Racing Team (ARRC) 2018 hari kedua berlanjut pada Minggu (14/10) di Sentul International Circuit. Pada balapan hari pertama, persaingan cukup ketat dan membuahkan hasil yang manis bagi Astra Honda Racing Team (AHRT) yang menjadi wakil Indonesia. Tiga pembalap andalannya, mampu memborong podium juara, yaitu Rheza Danica Ahrens dan Awhin Sanjaya yang menempati juara satu dan dua di kelas AP250, dan Andi Gilang yang berhasil merebut kemenangan di kelas SS600.

Racing yang berjalan di hari kedua pun masih membuktikan skill dan kecepatan tim AHRT layak diacungi jempol. Lagi-lagi, ketiganya masih merajai podium juara setelah pertarungan sengit yang berlangsung di kelas AP250 dan SS600. Pada kelas AP250, Rheza dan Awhin bersaing ketat bersama performa Honda CBR250 RR yang tampil prima menggeber sirkuit Sentul. Persaingan keduanya memanas saat balapan hampir berakhir. Kali ini, Awhin berhasil merebut posisi juara satu, disusul Rheza yang bertengger di juara kedua.

Astra Honda Racing Team kembali rajai podium ARRC 2018 hari kedua 2018 Merdeka.com

"Di race kedua ini saya berterima kasih kepada mekanik yang telah menyiapkan balapan hari ini," kata Awhin usai balapan.

Awal balapan berlangsung, Rheza sempat bersaing ketat dengan Mario Suryo Aji yang juga rekan satu timnya. Sayang, di lap ketujuh Mario terjatuh dan tak bisa melanjutkan balapan. Awhin pun mengambil peluang dengan terus melaju ke depan dan melakukan duel dengan Rheza.

Awhin pun sukses menjadi juara dengan torehan waktu 20 menit 37, 542 detik. Sementara Rheza finish dengan catatan waktu 20 menit 37,580 detik. Podium ketiga menjadi milik Andy Muhammad Fadly dari tim Manual Tech KYT Kawasaki Racing.
"Start saya mulus, lap 2-4 saya coba push tetapi tidak bisa karena rekan setim saya sangat kuat. Lap 8 sampai terakhir saya berhasil masuk di posisi pertama," kata Awhin.

Persaingan ketat pun terjadi di kelas SS600. Andi Gilang kembali bertarung secara dramatis melawan Ahmad Yudhistira dari Manual Tech KYT Kawasaki Racing. Berbeda dengan balapan pertama, jeda yang diberikan Andi dengan pebalap di belakangnya cukup besar.

Astra Honda Racing Team kembali rajai podium ARRC 2018 hari kedua 2018 Merdeka.com

Memulai balapan dengan mulus, Andi mendapatkan kesulitan untuk memimpin balapan sehingga memutuskan untuk mengikuti pebalap di depannya dan membuat jarak dengan pebalap di belakang. Pada pertengahan balap, keduanya saling salip hingga akhirnya Andi berhasil memimpin di posisi terdepan pada lap ke-10 hingga menyentuh garis finish. Sementara rekan satu timnya, Irfan Ardiansyah merampungkan balapan di posisi ke-5.

Keberhasilan Honda dalam mencetak rider memang terbukti maksimal. Tak hanya ketiga pembalap muda yang baru saja merajai podium ARRC 2018 saja. Di sisi lain, rider yang sudah lebih lama dididik oleh Honda, yakni Dimas Ekky, baru saja digaet oleh Idemitsu Honda Team Asia untuk turun di ajang dunia, Moto2.

Astra Honda Racing Team kembali rajai podium ARRC 2018 hari kedua 2018 Merdeka.com


Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan bahwa raihan-raihan tersebut bukan sekadar menjadi prestasi bagi Honda di Indonesia, tetapi juga membuktikan keberhasilan sekolah balap yang sudah mereka bina bertahun-tahun lalu.

"Racing school sudah ada dari tahun 2011. Lalu 2014 ada Astra Honda Racing Team (AHRT). Kami lihat racing school ini sudah memberikan hasil. Di Asia minimal sudah tiga kejuaraan. Eropa juga. Kayak Dimas tahun depan akan ikut Moto2," kata Thomas.

Semangat terus untuk para pembalap muda tanah air, ya! [wri]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini