Tempat Wisata di Mojokerto Terpopuler, Wajib Dikunjungi

Minggu, 2 Oktober 2022 10:42 Reporter : Edelweis Lararenjana
Tempat Wisata di Mojokerto Terpopuler, Wajib Dikunjungi Ilustrasi liburan. ©Pixabay

Merdeka.com - Rekomendasi tempat wisata di Mojokerto berikut ini sangat pas bagi Anda yang hendak berkunjung ke sana. Mojokerto adalah salah satu kota di Jawa Timur yang letaknya tak jauh dari Surabaya. Mojokerto juga dikenal sebagai kota terkecil di Indonesia, karena hanya memiliki luas wilayah sebesar 16,47 kilometer persegi saja.

Meski kota kecil, Mojokerto tetap menawarkan nilai wisata yang tak kalah dengan kota-kota besar lainnya. Diketahui, Mojokerto juga memiliki ragam tempat wisata yang ikonik dan instagramable, cocok untuk Anda penikmat petualangan dan swafoto. Jadi, tak perlu khawatir akan bosan saat berkunjung ke sini!

Dilansir dari berbagai sumber, di bawah ini akan kami berikan 6 rekomendasi tempat wisata di Mojokerto yang layak untuk Anda sambangai. Semoga membantu!

2 dari 4 halaman

1. Bukit Kayoe Putih

Rekomendasi tempat wisata di Mojokerto yang pertama adalah sebuah tempat bernama Bukit Kayoe Putih. Bukit Kayoe Putih adalah objek wisata yang baru dibuka pada Juni 2021 di kota ini. Tak heran, banyak wisatawan yang penasaran dengannya dan berkunjung ke sana.

Bukit Kayoe Putih menawarkan keindahan pemandangan taman hijau yang asri dan menyejukkan mata. Pemandangan alam dipadu dengan spot-spot foto yang instagramable, ditambah fasilitas restoran dan kolam renang menjadikannya tempat bersantai yang populer. 

Di sini, pengunjung bahkan bisa melihat proses pembuatan minyak kayu putih. Berlokasi di desa Kupang, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur,Bukit Kayoe Putih buka setiap hari dengan harga tiket yang terjangkau yakni sepuluh ribu rupiah untuk dewasa dan lima ribu rupiah untuk anak-anak.

2. Maha Vihara Mojopahit

Maha Vihara Mojopahit adalah rekomendasi wisata di Mojokerto kedua yang patut Anda kunjungi. Kawasan ibadah pemeluk agama Buddha yang suci dan dihormati ini istimewa karena memiliki sebuah patung Buddha raksasa yang sedang berbaring.

Patung Buddha inilah yang menjadi magnet penarik wisatawan, karena tampilannya hampir sama dengan yang ada di Thailand maupun Nepal. Terletak di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Anda tak boleh melewatkan tempat yang satu ini.

3 dari 4 halaman

3. Masjid Agung Al-Fattah

Jika Anda suka dengan jenis wisata rohani, maka Anda tak boleh melewatkan Masjid Agung Al-Fattah. Sebagai masjid tertua di Kota Mojokerto, bangunan ini dibangun pada masa kolonial Belanda tepatnya tahun 1877 Masehi, mengutip laman mojokertokota.go.id.

Masjid Agung Al-Fattah dibangun pada masa pemerintahan Kromodjojo Adinegoro III atau Raden Ersadan. Ia ditunjuk oleh pemerintah kolonial Belanda untuk menjadi regent (Bupati era penjajahan Belanda) Mojokerto pertama yang memerintah tahun 1866-1894.

Perpaduan budaya Islam Timur Tengah dan Majapahit masih dapat Anda lihat pada bangunan masjid ini. Bertempat di depan alun-alun Kota Mojokerto tepatnya di kelurahan Kauman, kecamatan Prajurit Kulon, Masjid Agung Al-Fattah dapat menampung hingga 5.500 jemaah.

4. Tahura Raden Soerjo

Rekomendasi tempat wisata di Mojokerto yang ke empat adalah Tahura Raden Soerjo. Taman Hutan Raya atau Tahura Raden Soerjo merupakan Kawasan Pelestarian Alam (KPA) yang berada dalam gugusan kompleks pegunungan Arjuno-Welirang-Anjasmoro. Taman hutan ini memiliki udara yang sejuk dan pemandangan hijau yang asri, cocok untuk tempat healing.

Di Tahura Raden Soerjo terdapat pemandian air panas, air terjun serta sejumlah satwa liar seperti kera dan burung, mengutip laman tahuraradensoerjo.or.id. Tahura ini meliputi beberapa kabupaten di Jawa Timur. Di antaranya Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Kabupaten Jombang, Kabupaten Pasuruan, dan Kota Batu.

Dari setiap kabupaten dan kota yang disebutkan, masing-masing memiliki akses yang berbeda untuk bisa sampai ke Tahura Raden Soerjo, termasuk Mojokerto. Terkenal sebagai tempat rekreasi yang edukatif, Tahura Raden Soerjo juga berstatus sebagai hutan lindung.

4 dari 4 halaman

5. Waterland Park (Waterland Mojokerto)

Waterland Park (Waterland Mojokerto) adalah rekomendasi tempat wisata di Mojokerto kelima yang bisa dikunjungi. Tempat wisata air yang satu ini terutama sangat cocok bagi Anda yang memiliki anak-anak. Dijamin, liburan akhir pekan bersama si kecil akan semakin menyenangkan di sini.

Telah menjadi salah satu destinasi rekreasi favorit warga Mojokerto dan sekitarnya, Waterland Mojokerto menyuguhkan ragam wahana permainan air mulai dari kolam renang waterboom, area playground hingga tempat kuliner untuk mengganjal perut yang lapar setelah bermain seharian.

Beralamat di Jl. By Pass Mojokerto No.Km. 54, Kedungpring, Jampirogo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Waterland Mojokerto buka setiap hari pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB. Harga tiket masuk yang dibanderol adalah sebesar tiga puluh ribu rupiah per orangnya.

6. Taman Ghanjaran

Rekomendasi tempat wisata di Mojokerto yang ke enam adalah Taman Ghanjaran. Berlokasi di jl. Raya Tretes - Trawas No.88, Sukorame, Ketapanrame, Mojokerto, Taman Ghanjaran adalah destinasi wisata yang cukup ramai dan disukai oleh masyarakat sekitar.

Banyak spot untuk berswafoto yang tersedia, sangat cocok bagi Anda yang ingin mempercantik postingan di media sosial. Anda juga bisa melihat Gunung Welirang dan Gunung Penanggung menjadi latar belakang pemandangan di taman ini saat siang hari, dan lampu berwarna-warni di malam harinya.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini