Sukses Raih Oscar, Ini Fakta Perjalanan Karier Joaquin Phoenix si Pemeran Joker

Rabu, 12 Februari 2020 12:02 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
Sukses Raih Oscar, Ini Fakta Perjalanan Karier Joaquin Phoenix si Pemeran Joker Joaquin Phoenix. ©2020 Merdeka.com/Oscar The Academy, NBC New York, IMDB

Merdeka.com - Dunia perfilman Hollywood pasti sudah tidak asing lagi dengan aktor Joaquin Phoenix, pemeran utama di film “Joker” yang dirilis 2019 lalu. Karakter Joker berhasil dibawakan Phoenix dengan apik, dan berhasil menjadi salah satu film sukses di debut pertamanya.

Tak hanya jadi film sukses tahun itu, lewat karakter Joker, Joaquin Phoenix berhasil meraih piala bergengsi Oscar 2020 Katergori Best Actor. Sebelumnya, karakter Joker pernah diperankan oleh Jared Leto dan Heath Ledger.

Dikutip dari Bookmyshow, dari dua aktor sebelumnya, pembawaan Joaquin dinilai lebih 'liar' dan menyeramkan dari sisi kehidupan Joker dalam film.

Di balik kesuksesannya, perjalanan karier Phoenix ternyata tak semulus yang dibayangkan. Berikut beberapa fakta berjalanan karier Phoenix dari awal hingga sukses:

1 dari 3 halaman

Sosok Joaquin Phoenix

Phoenix lahir pada 28 Oktober 1974, di Distrik Rio Piedras, San Juan, Puerto Riko. Ia lahir dari pasangan John Lee Bottom dan Arlyn Phoenix. Ia merupakan anak ke 3 dari 5 bersaudara termasuk River, Rain, Liberty, dan Summer.

joaquin phoenix

REX/Shutterstock

Phoenix juga memiliki saudara tiri bernama Jodean dari hubungan ayahnya sebelumnya. Sejak tahun 1980-an, Phoenix mulai menjajal karier di industri hiburan sebagai aktor. Film pertamanya berjudul, Backwards: The Riddle of Dyslexia (1984).

2 dari 3 halaman

Dari Aktor hingga Sutradara

Joaquin Phoenix memulai kariernya sebagai aktor, dan kini ia aktif sebagai produsen, sutradara video musik, musisi dan aktivis di Amerika. Sebagai seorang aktor dan seniman, Phoenix telah menerima nominasi Grammy Award dan 3 Academy Award.
joaquin phoenix

2020 Merdeka.com/IMDB.COM

Selain itu, dunia internasional juga melirik keahliannya melalui peran Commodus dalam film Gladiator 2000. Film tersebut sukses menghantarkannya mendapat nominasi untuk Academy Award sebagai Aktor Pendukung Terbaik.

Ia juga pernah menyutradarai video musik, serta memproduksi film dan acara TV. Selain itu, Joaquin Phoenix juga dikenal sebagai seorang aktivis sosial dan membela hak-hak hewan.dikutip dari Befren.com


3 dari 3 halaman

Masa Remaja Phoenix dan Kisah Kelam Phoenix

Dikutip dari penulis biografi River Phoenix, Ranker dalam bukunya, diceritakan bagaimana Phoenix menjalani masa remajanya. Di usia belia, Joaquin Phoenix pernah ngamen di sudut-sudut jalan demi mencukupi kebutuhan keluarganya. Ia lakukan hal tersebut bersama saudaranya.
joaquin phoenix

2020 Merdeka.com/NBC New York


Di tahun 1993, Phoenix harus melewati masa sulit. Ia kehilangan saudara laki-lakinya, River Phoenix. Joaquin dan River pernah menjadi artis terkenal saat setelah pindah ke Amerika Serikat.

River meninggal karena overdosis yang disebabkan oleh ketergantungannya pada narkoba sejak usia dini. Pada saat itu, Joaquin sempat berusaha untuk nyawa kakaknya namun naas saat itu nyawa kakaknya tidak tertolong.

[snw]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini