RSKI P. Galang Batam Teliti Manfaat Madu untuk Pasien Covid-19, Hasilnya Mengejutkan

Senin, 4 Mei 2020 15:10 Reporter : Vinna Wardhani
RSKI P. Galang Batam Teliti Manfaat Madu untuk Pasien Covid-19, Hasilnya Mengejutkan Madu vs Covid-19. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Di tengah merebaknya kasus corona, banyak negara-negara berlomba mencari vaksin. Bahkan, ada pula yang berani pasang imbalan tinggi untuk siapa saja yang bisa menemukan vaksin dengan cepat dan ampuh.

Rupanya tak hanya vaksin, suplemen untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh juga banyak dicari. Sebuah video yang diunggah oleh channel Youtube TNI AD memberikan berita baik terkait suplemen untuk meningkatkan imun pasien positif Covid-19.

RS Khusus Infeksi (RSKI) P. Galang Batam, melakukan penelitian terhadap manfaat konsumsi madu untuk pasien Covid-19. Hasilnya di luar dugaan dan cukup mengejutkan.

1 dari 3 halaman

Latar Belakang Penelitian

madu vs covid 19

©2020 Merdeka.com

Ka RSKI Kol Ckm dr. Khairul Ihsan Nasution, mengatakan penelitian terhadap madu ini terbersit setelah menyaksikan tayangan di televisi. Pada saat itu, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa tengah melakukan video konferensi dengan RS Gatot Subroto.

Video tersebut kemudian juga menampilkan istri Kasad, Hetty Andika Perkasa tengah memberikan bantuan madu kepada petugas medis. Karena ada efek yang ditunjukkan baik, muncullah pikiran melakukan penelitian untuk memberikan madu kepada pasien positif Covid-19.

"Saat kami menyaksikan tayangan di televisi, di mana kami melihat bapak Kasad melakukan video conference dengan staff rumah sakit Gatot Subroto, dilanjutkan dengan video konferensi, ibu Kasad memberikan bantuan madu kepada para tenaga medis yang bekerja di rumah sakit gatot subroto kami melihat beberapa statement beberapa komentar dari tenaga medis yang menerima. Stamina mereka lebih fit, imunitas mereka merasa lebih baik," tutur dr. Khairul Ihsan Nasution.

"Bagaimana kalau madu yang dibelikan kepada tenaga medis untuk meningkatkan stamina coba diberikan kepada pasien yang mengalami atau menderita covid positif?" ujarnya.

2 dari 3 halaman

Pasien Dibagi Menjadi 2 Kelompok

madu vs covid 19

©2020 Merdeka.com

Melansir dari Youtube channel TNI AD, secara ilmiah madu asli memiliki sekitar 181 senyawa dan mengandung aneka zat gizi seperti karbohidrat, protein, asam amino, vitamin, mineral, dekstrin, pigmen tumbuhan dan komponen aromatik. 

Karena kandungannya ini, tim medis RSKI mencoba memberikan madu kepada pasien Covid-19 sebagai suplemen tambahan. Pasien dibagi menjadi dua kelompok, kelompok A dan kelompok B.

Kelompok A, merupakan pasien yang hanya diberikan obat-obatan sesuai prosedur pemerintah. Sedangkan kelompok B, diberikan tambahan suplemen penunjang daya tahan tubuh, yaitu madu.

3 dari 3 halaman

Hasilnya Mengejutkan

madu vs covid 19

©2020 Merdeka.com

Setelah diamati, ternyata kelompok yang diberikan suplemen tambahan madu menunjukkan hasil yang signifikan. Dari tes yang dilakukan, kelompok pasien B dinyatakan dua kali negatif Covid-19 dari serangkaian tes yang dilakukan. 

"Pada hasil pemeriksaan swab oleh BTKL Batam dinyatakan dua kali negatif. Mereka yang menerima suplemen madu jauh lebih cepat memberikan hasil yang negatif terhadap hasil swabnya," tutur dr. Khairul Ihsan Nasution.

Walau begitu, Khairul mengaku penelitiannya ini masih memerlukan kajian lebih lanjut.

[vna]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini