Mengenal Rumput Fatimah, Ketahui Manfaat dan Bahayanya Bagi Ibu Melahirkan

Jumat, 19 Maret 2021 16:36 Reporter : Edelweis Lararenjana
Mengenal Rumput Fatimah, Ketahui Manfaat dan Bahayanya Bagi Ibu Melahirkan Rumput Fatimah. wikipedia.com©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Rumput fatimah, yang memiliki nama Latin Labisia pumila adalah tanaman berbunga dalam keluarga Primulaceae yang berasal dari Malaysia. Tanaman ini berbentuk kecil, berkayu dan berdaun dengan panjang daun 20 cm dan tumbuh luas di bawah naungan hutan tropis. Tanaman ini populer dalam pengobatan tradisional masyarakat Malaysia dan Indonesia.

Rumput fatimah telah digunakan secara luas di masyarakat Asia Tenggara untuk mengobati berbagai penyakit dan sebagai suplemen makanan. Tanaman ini telah banyak digunakan oleh wanita dari generasi ke generasi untuk memudahkan persalinan dan juga untuk peremajaan pasca melahirkan.

Selain itu, rumput fatimah juga banyak digunakan secara tradisional dalam proses persalinan, ketidak teraturan menstruasi, mengobati disentri, penyakit gonero, rematik dan penyakit pada tulang. Secara tradisional, ekstrak rumput fatimah dibuat dengan merebus akar, daun, atau seluruh tanaman dalam air, dan ekstraknya dikonsumsi secara oral.

Berikut adalah beberapa hal yang menarik untuk diketahui mengenai rumput fatimah.

Baca Selanjutnya: Mengenal Rumput Fatimah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini