Manfaat Senam Irama untuk Kesehatan, Bantu Bugarkan Kondisi Tubuh

Rabu, 25 Mei 2022 08:01 Reporter : Edelweis Lararenjana
Manfaat Senam Irama untuk Kesehatan, Bantu Bugarkan Kondisi Tubuh ilustrasi senam. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Menarik untuk mengetahui apa saja manfaat kesehatan dari senam irama. Senam irama, atau yang juga dikenal sebagai senam ritmik, adalah salah satu jenis olahraga aerobik yang terdiri dari perpaduan unsur senam dan irama musik. Senam irama umumnya menghasilkan gerakan yang serupa dengan balet.

Senam irama adalah olahraga yang pas bagi Anda untuk mengajarkan kesadaran dan kontrol tubuh. Di mana, kedua hal ini adalah keterampilan dasar yang akan membantu tubuh dalam pengembangan potensi atletik bagi setiap jenis olahraga. Anda bisa memilih olahraga ini untuk dilakukan secara rutin.

Senam irama adalah olahraga yang telah ada sejak dulu. Diketahui, senam irama berasal dari abad ke-18 dan telah berpartisipasi sebagai cabang olahraga yang ditandingkan dalam Olimpiade. Lantas, apa saja manfaat senam irama bagi kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan? Berikut ulasannya.

2 dari 4 halaman

1. Tingkatkan Fleksibilitas

Manfaat senam irama yang pertama adalah untuk membantu meningkatkan fleksibilitas. Fleksibilitas merupakan faktor utama dalam senam irama. Meningkatkan fleksibilitas membantu tubuh Anda untuk memperbaiki otot-ototnya lebih cepat dan mengurangi risiko cedera, mengutip rgalberta.com.

Melakukan senam ritmik membantu membangun kemampuan kecakapan fisik seperti kekuatan statis dan eksplosif, fleksibilitas pasif dan dinamis, serta stamina. Saat melakukan peregangan, penting untuk mengetahui cara yang benar untuk melakukannya dan hindari memaksa anggota tubuh ke arah yang salah dalam rentang gerakan yang berbahaya.

Dengan mempelajari gerakan mana yang harus dilakukan dan kapan harus melakukannya didasarkan pada faktor-faktor seperti berat badan, melodi musik, dan poin, Anda dapat mencapai kontrol dan hasil yang menakjubkan baik bagi fleksibilitas dan kebugaran tubuh.

2. Perkuat Tulang

Manfaat senam irama yang kedua adalah untuk membantu memperkuat kondisi tulang. Latihan menahan beban membantu tulang Anda tetap dalam kondisi yang baik dan mengurangi kerapuhan di usia tua. Wanita khususnya dapat menderita kehilangan massa tulang seiring bertambahnya usia.

Jadi terlibat dalam latihan menahan beban, dalam hal ini beban tubuh melalui senam irama sejak usia muda, dapat membantu melindungi kepadatan tulang dan membantu mencegah gangguan tulang yang dapat berkembang di usia yang lebih tua.

3 dari 4 halaman

3. Belajar Bergerak dengan Musik

Manfaat senam irama yang ketiga adalah untuk membantu tubuh Anda belajar bergerak dalam iringan musik. Ya, tak semua orang bisa menggerakkan badannya meski dengan bantuan alunan musik. Badan yang kaku, ketidakmampuan bergerak secara luwes, dapat menimbulkan sikap tubuh yang canggung. Namun jangan khawatir, Anda bisa memperbaiki hal ini dengan rutin melakukan senam irama.

Sama seperti menari, pesenam irama belajar bagaimana bergerak dengan diiringi musik. Bergerak dengan musik melibatkan banyak indra, meningkatkan konsentrasi. Bagi Anda yang mulai melakukan senam irama sejak masih muda, bergerak dengan musik dapat berarti menghubungkan kata-kata dengan gerakan (atas, bawah, sisi ke sisi).

Dan yang lebih penting, bergerak dengan musik mendorong perkembangan ekspresi emosional. Belajar mengekspresikan perasaan Anda melalui gerakan adalah komponen penting dari senam irama dan membantu anak-anak mengembangkan kesadaran yang lebih besar akan perasaan mereka sendiri, masih mengutip rgalberta.com.

4. Cegah Penyakit

Manfaat senam irama yang keempat adalah untuk membantu mencegah penyakit. Berlatih senam irama dapat membantu menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh. Hal ini penting untuk menghindari beberapa risiko kesehatan seperti asma, kanker, obesitas, penyakit jantung dan diabetes.

Rutin melakukan senam irama sejak dini juga dapat membantu mendorong gaya hidup yang sehat sejak awal, termasuk kebiasaan melakukan aktivitas fisik secara teratur dan makan makanan yang seimbang. Dengan ini, tubuh menjadi semakin terjaga kesehatannya dan penyakit pun tak mudah menyerang.

4 dari 4 halaman

5. Tingkatkan Fungsi Kognitif

Manfaat senam irama yang kelima adalah untuk membantu meningkatkan fungsi kognitif. Melakukan senam irama secara rutin tidak hanya memberikan keuntungan fisik. Kegiatan ini juga membantu dalam meningkatkan konsentrasi dan fokus mental.

Senam irama mengajarkan Anda untuk berpikir cepat dan bergantung pada diri sendiri. Anda juga akan belajar mengendalikan emosi, memungkinkan Anda untuk membuat keputusan sepersekian detik dengan tenang saat sedang melakukan gerakan-gerakan senam.

6. Tingkatkan Kekuatan dan Disiplin

Manfaat senam irama yang ke enam adalah untuk membantu meningkatkan kekuatan diri dan juga disiplin. Cabang olahraga senam irama profesional telah membantu menciptakan beberapa atlet terhebat di dunia. Para profesional ini telah membuat rekor dan melambungkan nama olahraga senam irama.

Senam irama terutama menggunakan latihan beban tubuh untuk mengembangkan tubuh bagian atas, tubuh bagian bawah dan kekuatan inti. Senam ini membantu menanamkan disiplin kepada mereka yang telah berlatih selama bertahun-tahun. Setiap atlet harus memiliki kesabaran untuk berlatih rutinitas yang sama berulang-ulang. Mereka harus memiliki ketahanan untuk bangkit dari jatuh atau kesalahan dan terus melakukannya.

Baca juga:
HUT ke-49, PDIP Siap Cetak Rekor MURI Kegiatan Senam Nasional Terbesar
Antusias Warga Mengikuti Senam di Masa Pandemi Covid-19
Mengenal Manfaat Senam Lantai Sikap Lilin, Bantu Tingkatkan Kekuatan Otot
Senam Aerobik Adalah Gerakan Seluruh Otot yang Berirama, Ini Selengkapnya
Senam Hamil di Tengah Pandemi Covid-19

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini