8 Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat dan Mudah

Jumat, 27 Maret 2020 11:36 Reporter : Edelweis Lararenjana
8 Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat dan Mudah 15 cara menghilangkan komedo secara alami. avoskinbeauty.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Komedo mungkin adalah masalah bagi sebagian besar orang, laki-laki maupun perempuan. Banyak faktor yang menjadi penyebab kemunculan komedo, salah satunya produksi minyak wajah yang berlebih. Minyak wajah akan terperangkap dalam pori-pori, bercampur dengan debu dan kotoran.

Maka muncul bintik-bintik putih dan hitam, yang disebut juga whitehead dan blackhead. Kali ini, penulis akan memberikan beberapa cara jitu untuk menghilangkan komedo menggunakan bahan-bahan yang dapat Anda temukan di apotek dan toko-toko obat terdekat.

Berikut beberapa cara menghilangkan komedo dengan cepat dan mudah dipraktikkan.

1 dari 8 halaman

Cuci Wajah Sehari Dua Kali dan Setelah Berolahraga

Tentu ini bukan pertama kalinya Anda mendengar anjuran untuk mencuci wajah sebanyak 2 kali sehari, pagi dan sore atau setelah bepergian. Mencuci wajah secara teratur dapat membantu Anda mengatasi jerawat.

ilustrasi mencuci wajah

2013 Merdeka.com/shutterstock.com/Anna Omelchenko

Sebaiknya, cuci muka pada pagi hari untuk menghilangkan kotoran atau bakteri yang mungkin menempel pada malam hari. Anda juga harus secara teratur mengganti sarung bantal untuk mencegah debu dan kotoran menempel di wajah selama Anda tidur.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak membersihkan wajah secara berlebihan. Karena hal itu dapat melucuti lapisan pelindung kulit dan malah membuat kulit Anda menghasilkan lebih banyak minyak sebagai akibatnya.

Pastikan juga untuk segera mencuci muka setelah berolahraga. Keringat bisa terperangkap dalam kulit wajah bersama kotoran dan minyak. Itulah sebabnya Anda harus mencuci wajah sebelum keringat mengering. Cara menghilangkan komedo ini cukup mudah dilakukan.

2 dari 8 halaman

Gunakan Pore Strips

Cara menghilangkan komedo selanjutnya ialah menggunakan pore strip atau plester pori-pori. Pore strip telah banyak muncul di iklan dan digadang-gadang dapat membantu mengupas semua komedo di wajah hanya dalam 15 menit.

Namun, jika Anda hanya menggunakanpore stripsaja, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal dan komedo kemungkinan besar akan kembali lagi dalam waktu dekat.

Berikut tips yang dapat Anda terapkan sebelum menempelkan pore strip ke hidung Anda; uapkan wajah Anda di atas semangkuk air mendidih, agar pori-pori terbuka lebih lebar.

Selain menggunakan uap air panas, Anda juga dapat menggosokkan lemon ke hidung Anda, sebelum menempelkan pore strip. Niscaya komedo akan menempel dan terangkat dengan lebih maksimal.

3 dari 8 halaman

Gunakan Sunscreen Bebas Minyak

Mungkin rasanya agak aneh untuk melapisi sunscreen atau tabir surya yang cenderung mengandung minyak di atas kulit yang sudah kelebihan minyak. Karena kulit yang sering berkomedo biasanya adalah jenis kulit yang oily.

wanita memakai sunscreen

2012 Merdeka.com

Tetapi penting bahwa Anda mengenakan sunscreen tanpa memandang jenis kulit yang Anda miliki, berminyak, kering, atau sensitif. Untungnya, ada beberapa opsisunscreenoil free yang secara efektif akan memblokir sinar UVA dan UVB.

4 dari 8 halaman

Exfoliate

Cara menghilangkan komedo selanjutnya ialah dengan eksfoilate. Ketika mendengar kata exfoliate, yang akan terlintas dalam pikiran mungkin adalah scrub yang kasar. Dan scrubbing sebenarnya dapat membuat jerawat aktif menjadi lebih meradang.

Untungnya, ada sejumlah exfoliant kimia yang cukup lembut dan bisa Anda gunakan. Carilah yang mengandung asam hidroksi alfa dan beta (AHA dan BHA). AHA dan BHA adalah asam lembut yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Mereka membantu membersihkan jalan bagi produk lain untuk menembus kulit lebih baik dan bekerja lebih efektif.

5 dari 8 halaman

Gunakan Masker Berbahan Clay

Clay adalah bahan dasar yang lembut, yang kemanjurannya berasal dari zaman kuno. Clay membantu menghilangkan kulit dari minyak berlebih dan dapat membantu melonggarkan atau bahkan menghilangkan kotoran dari pori-pori yang tersumbat.

wajah

Athar'a

Masker wajah yang dibuat dengan dasar clay bekerja lebih lembut daripada pore strip, yang dapat menarik lapisan kulit. Sebaliknya, clay masuk ke pori-pori dan secara bertahap dapat membersihkan kotoran dan minyak. Masker berbahan dasar clay sangat mudah didapatkan secara online maupun di toko atau supermarket terdekat dengan harga terjangkau.

6 dari 8 halaman

Gunakan Masker Berbahan Dasar Charcoal

Cara menghilangkan komedo yang tak kalah mudah ialah dengan menggunakan arang bambu aktif. Belakangan ini, charcoal atau arang mulai bermunculan di berbagai produk kecantikan. Charcoal sendiri adalah detoxifier yang bagus.

charcoal

shutterstock

Charcoal dapat bekerja jauh ke dalam pori-pori untuk membantu mengeluarkan kotoran dan debu-debu yang tersumbat. Saat ini, banyak masker berbahan dasar charcoal yang telah tersedia di toko-toko kecantikan dan supermarket. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah.

7 dari 8 halaman

Gunakan Topical Retinoid

Retinoid topikal berasal dari vitamin A, dan telah terbukti dapat memperbaiki jerawat dan mengurangi komedo. Anda bisa mendapatkannya di konter obat atau menggunakan resep dokter.

Retinol meningkatkan pergantian sel kulit, dan juga dapat mengurangi munculnya keriput. Namun, perlu dicatat bahwa wanita hamil disarankan untuk menghindari retinol karena jumlah yang berlebihan dapat mengganggu perkembangan janin.

Jika Anda hamil, Anda dapat mencoba menggunakan rosehip oil sebagai pengganti retinol untuk efek yang serupa. Anda dapat membeli gel Salicylic Acid secara online atau di apotek dan toko kecantikan terdekat.

8 dari 8 halaman

Gunakan Gel yang Mengandung Salicylic Acid

Cara menghilangkan komedo yang terakhir ialah dengan gel khusus. Salicylic Acid dapat membantu melarutkan keratin yang menyumbat pori-pori dan pada akhirnya menyebabkan komedo. Salicylic Acid juga merupakan exfoliator yang efektif, namun perlu diingat Salicylic Acid hanya digunakan pada bagian tubuh yang berkomedo saja.

Karena, menggunakan Salicylic Acid di seluruh tubuh dapat menyebabkan Anda keracunan salisilat, menurut laporan di US National Institute of Health. Anda dapat membeli Salicylic Acid secara online atau di apotek dan toko kecantikan terdekat.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini