6 Penyebab Kulit Wajah Kusam yang Sering Disepelekan, Pahami Cara Mengatasinya

Selasa, 31 Agustus 2021 11:45 Reporter : Edelweis Lararenjana
6 Penyebab Kulit Wajah Kusam yang Sering Disepelekan, Pahami Cara Mengatasinya Ilustrasi kulit bermasalah. ©Shutterstock

Merdeka.com - Kulit wajah kusam dan tampak kurang bercahaya adalah masalah yang cukup umum dan mengganggu banyak orang, terutama para wanita. Kulit Anda adalah organ terbesar di tubuh. Jadi, hal yang normal jika terkadang kulit tampak kurang sehat. Triknya adalah mencari tahu mengapa dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengubah hal tersebut.

Mempertahankan kondisi wajah yang cerah bercahaya bukanlah hal yang mudah. Kulit terus-menerus melepaskan sel-sel mati, tetapi jika prosesnya tidak bekerja secara efisien, kulit Anda dapat menjadi kusam, lelah, dan menonjolkan penampilan tidak sehat yang menekankan kerutan.

Terdapat banyak faktor pendukung yang menjadi penyebab kulit wajah kusam. Beberapa penyebab mungkin tampak di luar kendali, namun sebagian lainnya dapat Anda cegah dengan beberapa langkah perawatan kulit dan gaya hidup yang sehat. Untuk itu, Anda juga perlu mengetahui cara merawat dan mengatasi kulit wajah yang kusam.

Berikut penyebab kulit wajah kusam beserta cara mengatasinya yang wajib Anda ketahui, dilansir dari healthline.com dan mindbodygreen.com.

2 dari 5 halaman

1. Dehidrasi

Penyebab kulit wajah kusam yang pertama adalah karena dehidrasi. Jika Anda tidak minum cukup air, hal ini kemungkinan besar akan mempengaruhi penampilan kulit secara keseluruhan.

Faktanya, studi telah menemukan hubungan kuat antara minum cukup air dan memiliki kulit yang sehat. Minum banyak air putih akan membantu meningkatkan hidrasi dari bawah permukaan kulit Anda.

Selain itu, mengoleskan serum wajah yang memiliki fokus untuk menghidrasi juga dapat membantu mengikat kelembapan di lapisan atas kulit dan membuatnya lebih cerah nan sehat.

2. Kurangnya pelembap

Penyebab kulit wajah kusam yang kedua karena kurangnya aplikasi pelembap pada wajah. Melewatkan penggunaan krim atau lotion pelembap dalam perawatan kulit, terutama jika Anda memiliki jenis kulit kering dapat memengaruhi kesehatan dan vitalitas kulit secara keseluruhan.

Menggunakan produk perawatan kulit berupa pelembap sebanyak dua kali sehari dapat membantu menghidrasi kulit Anda dan melindungi lapisan atas yang halus, mencegahnya dari kekusaman.

3 dari 5 halaman

3. Penumpukan Sel Kulit Mati

Penyebab kulit wajah kusam yang ketiga karena adanya penumpukan sel kulit mati. Kulit secara alami akan melepaskan sel-sel matinya dengan teratur untuk memberi jalan bagi sel-sel baru.

Tetapi, terkadang sel-sel kulit mati ini tidak terlepas sebagaimana mestinya. Sebaliknya, mereka dapat membangun penumpukan di permukaan kulit Anda. Penumpukan sel kulit mati ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, bersisik, dan tidak merata.

4. Kekeringan

Penyebab kulit wajah kusam yang keempat karena kondisi wajah yang kering. Kulit yang kering dapat dengan cepat terlihat kusam dan tidak memancarkan cahaya yang sehat.

Hal ini terutama berlaku selama bulan-bulan musim hujan yang dingin, ketika udara sedang dingin dan kering, atau jika Anda tinggal di iklim yang memiliki tingkat kelembapan sangat rendah.

4 dari 5 halaman

5. Penggunaan Tembakau

Penyebab kulit wajah kusam yang kelima karena penggunaan tembakau atau merokok dalam keseharian. Menurut penelitian, merokok merupakan faktor lingkungan yang berperan penting dalam penuaan kulit dini.

Tinjauan tersebut menemukan bahwa merokok dapat merusak produksi kolagen dan menurunkan serat elastis dan jaringan ikat di kulit Anda. Merokok juga dapat meningkatkan stres oksidatif pada sel-sel kulit.

Semua hal ini dapat mempercepat proses penuaan dan berkontribusi pada kulit yang tampak kusam tak bercahaya.

6. Penuaan

Penyebab kulit wajah kusam yang keenam adalah karena penuaan. Penuaan adalah bagian yang tak terhindarkan dari kehidupan. Begitu juga dengan kulit yang menua.

Meskipun Anda tidak dapat mengontrol proses penuaan, Anda dapat menerapkan rutinitas perawatan kulit yang membantu memberikan nutrisi dan hidrasi yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat, cerah, dan tampak lebih awet muda.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kusam

Meskipun menggunakan pelembap yang mencerahkan mungkin merupakan cara instan untuk mengatasi kulit wajah yang kusam, namun melakukan pencegahan adalah langkah kunci dalam mempertahankan kulit yang sehat.

Ikuti tips-tips cara mengatasi kulit wajah kusam di bawah ini untuk membantu mencegah kulit kusam berkepanjangan dan menjaga kulit agar tetap sehat bercahaya:

  • Gunakan Perawatan Kulit yang Berkhasiat

Menggunakan rutinitas yang seimbang untuk jenis kulit Anda sangat penting untuk membersihkan kotoran, mengelupas sel kulit mati dan melembapkan area yang kering di mana semua ini dapat menyebabkan kulit kusam.

  • Hapus Riasan Sebelum Tidur

Mengenakan riasan atau make up saat tidur dapat meninggalkan kotoran semalaman saat kulit secara alami memulihkan dirinya sendiri. Menghapus minyak, riasan dan kotoran dari kulit usai beraktivitas dan hendak tidur dapat membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit dan membantu mempromosikan kulit yang terlihat sehat dan bercahaya.

  • Gunakan Sunscreen atau Tabir Surya

Paparan sinar UV adalah salah satu penyebab utama tanda-tanda awal penuaan seperti kulit kusam. Penggunaan tabir surya secara teratur di masa kanak-kanak dan remaja dapat menghasilkan pengurangan 80% kerusakan kulit akibat sinar UV.

  • Tambahkan Perlindungan Antioksidan

Selain SPF, kulit Anda juga membutuhkan perlindungan dari polusi yang juga dapat merusak kulit dan menyebabkan kulit kusam. Gunakan tabir surya wajah harian dengan SPF 50+ dengan perlindungan polusi atau oleskan serum antioksidan setiap pagi untuk membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

  • Tetap terhidrasi

Menjaga keseimbangan dan kelembapan kulit adalah cara yang efektif untuk membantu mencegah kulit kusam terkait dengan penurunan kelembapan. Oleskan pelembap pagi dan malam hari dan tambahkan serum yang menghidrasi untuk membantu melembutkan dan menghaluskan kulit kering atau dehidrasi. Minum banyak air juga penting untuk membantu meningkatkan tingkat hidrasi tubuh Anda secara keseluruhan.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini