12 Cara Mengatasi Laptop Lemot, Perhatikan Langkahnya

Selasa, 7 April 2020 19:04 Reporter : Ani Mardatila
12 Cara Mengatasi Laptop Lemot, Perhatikan Langkahnya 9 penyebab laptop lemot. liputan6.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Di era kiwari, laptop menjadi alat penting dalam mendukung pekerjaan maupun pembelajaran. Laptop pun memiliki berbagai jenis fungsi yang paling sederhana untuk kebutuhan administrasi sampai untuk para pemain gim dan desainer yang membutuhkan ukuran penyimpanan yang besar.

Namun tak jarang pula, setelah beberapa tahun memiliki laptop, laptop akan bermasalah. Salah satunya yang paling umum adalah laptop menjadi lemot atau lambat. Hal tersebut, tentu saja akan menghambat tugas-tugas Anda yang seharusnya bisa selesai lebih cepat.

Laptop lemot bisa disebabkan oleh banyak hal. Mengetahui spesifikasi laptop cukup penting supaya tepat dalam penggunaannya. Misalnya, apabila laptop Anda memiliki RAM (Random Acces Memory) yang digunakan untuk penyimpanan data dan instruksi program.

Ketika RAM Anda hanya sedikit namun Anda memaksakan untuk mengisi banyak data maupun software, maka hal tersebut akan membuat laptop Anda lemot.

Berikut cara mengatasi laptop lemot yang dilansir dari liputan6:

1 dari 12 halaman

1. Uninstal Aplikasi yang Tidak Perlu

Cara mengatasi laptop lemot yang pertama adalah dengan memilah mana aplikasi yang Anda butuhkan dan tidak dibutuhkan. Apabila memang RAM laptop Anda sedikit, maka penting bagi Anda untuk mengurangi aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan.

Banyaknya aplikasi pada laptop akan membuat kapasitas penyimpanan di Drive C akan penuh dan membuat sistem akan menjadi lama membaca harddisk.

Setelah memilah aplikasi yang dibutuhkan dan yang tidak, Anda bisa mulai menguninstal aplikasi yang tidak dibutuhkan sehingga beban RAM akan berkurang. Kemudian coba perhatikan laptop Anda perbedaannya setelah mengurangi aplikasi tersebut.

2 dari 12 halaman

2. Instal Antivirus

Apabila Anda merasa RAM maupun Drive C Anda masih banyak tersisa serta Anda tidak menggunakan banyak aplikasi namun laptop Anda lemot, mungkin hal tersebut disebabkan oleh virus.

Virus pada perangkat elektronik menjadi salah satu penyakit yang membuatnya menjadi lemot. Gunakan aplikasi antivirus dan gunakan dengan semestinya.

3 dari 12 halaman

3. Gunakan Aplikasi untuk Mengatasi Laptop Lemot

Seperti yang dijelas di awal, mengetahui spesifikasi laptop amat penting dalam penggunaan dan perawatan laptop.

Hal ini berguna untuk memasangkan aplikasi sesuai dengan spesifikasi prosesor dan RAM yang dimiliki laptop. Jika terlalu memaksakan menginstall aplikasi, padahal laptop tidak mampu menampung atau menerimanya, maka siap-siap saja laptop menjadi lemot.

4 dari 12 halaman

4. Buka Aplikasi yang Hanya Digunakan Saat Itu

Membuka aplikasi secara bersamaan dan berlebihan dapat menjadi salah satu penyebab laptop lemot, karena hal ini memaksakan kinerja RAM.

Anda perlu menyesuaikan penggunaan aplikasi dengan spesifikasi laptop yang dimiliki. Atau Anda juga bisa mengaktifkan task manager untuk mengontrol penggunaan RAM pada saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

5 dari 12 halaman

5. Membersihkan Desktop

Cara mengatasi laptop lemot berikutnya adalah dengan membersihkan desktop. menaruh banyak aplikasi di bagian desktop juga merupakan salah satu penyebab laptop lemot dalam merespon perintah dari user.

Selain itu, pastikan juga untuk mengawasi aplikasi yang berjalan ketika laptop sedang dalam aktivitas starup.

Usahakan jangan terlalu banyak aplikasi yang berjalan, karena ini akan menjadi penyebab laptop lemot. Sebab aplikasi tersebut menjadi working in background, yang diam-diam memakan kapasitas RAM.

6 dari 12 halaman

6. Menambah Kapasitas RAM

Cara mengatasi laptop lemot lainnya ada pada penambahan RAM.

Namun jangan asal menambah kapasitas RAM, perhatikan spesifikasi RAM (RAM DDR3, atau RAM DDR3L, serta RAM DDR4) dan juga kapasitas maksimal RAM yang bisa diaplikasikan pada laptop.

Anda bisa berkonsultasi di tempat service yang telah ditunjuk perusahaan yang mengeluarkan laptop Anda untuk cara yang lebih aman.

7 dari 12 halaman

7. Lakukan Pembersihan Drive C

Jika laptop sudah Anda sudah berusia tua, biasanya di atas 3 tahun, umumnya akan memiliki kinerja yang menurun.

Untuk itu, salah satu solusinya adalah melakukan pembersihan drive C. Lakukan juga uninstall dari program dan juga aplikasi yang dianggap memberatkan kinerja laptop untuk meringankan kinerjanya.

8 dari 12 halaman

8. Reset Ulang Windows

Usia laptop yang sudah tua tidak hanya mempengaruhi kinerja hardware saja, tapi juga software. Oleh karena itu, kamu perlu mereset atau install ulang software yang digunakan. Selain itu kamu juga bisa mengganti software yang sebelumnya, untuk meningkatkan kinerja perangkat laptop.

9 dari 12 halaman

9. Gunakan Thermal Paste

Pendingin procesor untuk overclock atau procesor yang bekerja, berguna untuk membantu mendinginkan procesor lebih optimal, dan dibutuhkan thermal paste.

Kalau suhu prosesor stabil, tentunya akan membantu kinerja laptop menjadi lebih stabil dan tidak cepat lemot.

10 dari 12 halaman

10. Gunakan Cooling Pad

Ketika laptop overheat, hal tersebut akan menyebabkan kinerja laptop menurun dan laptop menjadi lemot. Salah satu perangkat untuk membuat kondisi laptop tetap dingin yaitu cooling pad.

Laptop yang terbiasa overheat akan berakibat langsung pada RAM dan dan hardware lainnya sehingga menyebabkan eror. Oleh sebab itu memiliki cooling pad menjadi cukup penting dalam perawatan laptop.

11 dari 12 halaman

11. Ganti Memori HDD dengan SSD

Harddisk HDD memiliki kecepatan data yang relative lambat. Untuk mengatasinya, sebaiknya kamu menggantinya dengan penyimpanan SSD.

12 dari 12 halaman

12. Gunakan Aplikasi Pemacu Kinerja Laptop

Untuk mengatasi aplikasi lemot, kamu bisa menggunakan aplikasi yang berfungsi mendukung kinerja laptop agar menjadi lebih cepat. Kamu bisa mencoba aplikasi seperti CCleaner, Razer Game Booster, IObit Advanced SystemCare, Advanced System Optimizer, dan lain sebagainya.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini