Tak Harus Putra Almarhum, Ini Kata Kerabat Terkait Penerus Mangkunegara Solo

Rabu, 29 September 2021 08:15 Reporter : Shani Rasyid
Tak Harus Putra Almarhum, Ini Kata Kerabat Terkait Penerus Mangkunegara Solo Puro Mangkunegaran. ©Surakarta.go.id

Merdeka.com - Pada Jumat (13/8) penguasa Pura Mangkunegaran Solo, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX meninggal dunia. Setelah sebulan lebih berlalu, Pura Mangkunegaran belum kunjung menemukan pengganti.

Berbagai nama kandidat mencuat. Calon kandidat terkuat jatuh pada dua putra Mangkunegara IX, yaitu GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

Namun salah satu kerabat Mangkunegaran, Seno Adjie mengatakan ada calon lain yang digadang-gadang bisa menjadi penerus Mangkunegaran IX. Dia adalah Roy Rahajasa Yamin, cucu almarhum Mangkunegara VIII.

“Memang Pak Roy ini adalah salah satu cucu yang menjadi andalan karena menjadi trah suksesi tak harus putra dari almarhum,” kata Seno, mengutip dari ANTARA pada Senin (27/9). Berikut selengkapnya:

2 dari 3 halaman

Tidak Ada Ambisi

Seno mengatakan, Roy memiliki kapasitas yang baik sebagai salah satu kandidat. Walau demikian, ia melihat kakak iparnya tidak memiliki ambisi khusus mengenai hal tersebut. Namun ia mengakui, jika kandidat terlalu lama tidak diputuskan, maka akan timbul suasana yang tidak nyaman bagi keluarga besar Pura Mangkunegaran.

“Yang banyak memberikan reaksi adalah masyarakat Solo. Sebelumnya kan berharap setelah peringatan meninggal 40 hari ada pengumuman keputusan, tetapi hingga saat ini belum ada. Makanya masyarakat Solo mulai bereaksi,” ungkap Seno.

3 dari 3 halaman

Tetap Rukun

berita duka dari solo mangkunegara ix mangkat
©2021 Merdeka.com

Meskipun ditetapkan sebagai kandidat penerus tahta Mangkunegaran, Seno mengatakan bahwa ketiganya tetap rukun. Bahkan ia mengatakan, masing-masing kandidat akan memberi dukungan apabila nanti ada salah satu yang terpilih di antara mereka.

Dalam posisi keluarga Mangkunegaran, Roy Rahajasa Yamin merupakan putra dari Dang Rahadian Sinayangsih Yamin dan GRA Retno Satuti yang merupakan putri tertua KGPAA Mangkunegara VIIi.

Selain cucu Mangkunegara, Roy juga merupakan cucu dari pahlawan nasional, Mohammad Yamin. Untuk saat ini, ia berkecimpung di sektor usaha penyedia jasa layanan internet dan properti.

[shr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini