Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan
Politik adalah Alat untuk Mengatur Negara, Pahami Tujuannya

Politik adalah Alat untuk Mengatur Negara, Pahami Tujuannya

Tanpa politik kehidupan di masyarakat tidak akan teratur dan sejahtera.

Politik merupakan salah satu unsur penting dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Sebagai suatu sistem yang mengatur cara-cara pengambilan keputusan dan pembagian sumber daya, politik memainkan peran sentral dalam membentuk struktur masyarakat dan pemerintahan.

Dapat dikatakan, setiap negara menerapkan politik dalam membangun bangsa dan negara. Sebab, hanya politik yang bisa menjadi alat untuk mengatur masyarakat agar tertib dan teratur demi mencapai kesejahteraan bersama. Sebaliknya, tanpa politik maka kehidupan masyarakat menjadi tidak beraturan.

Sebagai unsur yang krusial dalam kehidupan sehari-hari, maka penting bagi setiap masyarakat untuk memahami apa itu politik. Bukan hanya pengertiannya saja, Anda juga perlu mengetahui berbagai tujuannya, konsep, hingga politik sebagai sistem di sebuah negara.

Dengan pengetahuan ini, maka Anda bisa memahami setiap praktik politik yang terjadi di lingkungan sekitar. Mulai dari skala kecil di lingkungan rumah, hingga skala besar dalam lingkup negara. Dengan begitu, kami merangkum berbagai penjelasan tentang politik adalah sebagai berikut.

Pengertian dan Tujuan Politik

Pengertian dan Tujuan Politik

Pertama, akan dijelaskan dahulu pengertian dan tujuan politik secara umum.

Politik berasal dari kata dalam bahasa Yunani, "politikos", yang berarti "kota" atau "negara". Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), politik adalah ilmu dan seni mengatur kehidupan masyarakat untuk mencapai keadilan dan kesejahteraan. Secara etimologi, politik berasal dari kata "polis" yang mengacu pada kota-kota Yunani kuno yang menjadi pusat kegiatan politik.

Ilmu politik adalah studi tentang kekuasaan, kebijakan, dan sistem pemerintahan dalam masyarakat. Cabang-cabang ilmu politik meliputi teori politik, administrasi publik, kebijakan publik, hubungan internasional, dan lain-lain. Ilmu politik memiliki hubungan erat dengan filsafat politik, karena mempertanyakan prinsip-prinsip keadilan dan kekuasaan dalam masyarakat. Selain itu, ilmu politik juga terkait dengan ilmu sosial lainnya, seperti sosiologi dan ekonomi, karena mempelajari interaksi antara individu dan institusi dalam masyarakat.

Dengan demikian, politik mencakup pengaturan kehidupan masyarakat untuk mencapai keadilan dan kesejahteraan, sementara ilmu politik adalah studi tentang kekuasaan dan kebijakan dalam masyarakat, termasuk hubungannya dengan filsafat politik dan ilmu sosial lainnya.

Konsep Politik

Konsep Politik

Berikutnya akan dijelaskan konsep politik secara umum. Seperti disebutkan, politik adalah unsur penting untuk mengatur sebuah negara.

Dalam hal ini, terdapat beberapa konsep politik. Pertama, konsep politik klasik adalah pemikiran yang berasal dari masa Yunani kuno dan Romawi, yang mencakup prinsip-prinsip keadilan, kekuasaan rakyat, dan partisipasi warga dalam urusan publik.

Konsep politik kelembagaan menekankan pentingnya struktur politik dan lembaga-lembaga pemerintah dalam menjalankan fungsi-fungsi politik. Sementara konsep kekuasaan membahas tentang bagaimana kekuasaan didistribusikan dan dijalankan dalam suatu masyarakat.

Fungsionalisme politik menekankan pentingnya fungsi-fungsi sosial dan politik dalam memelihara stabilitas sosial dan menjaga keseimbangan kekuasaan dalam masyarakat.

Sedangkan konflik politik membahas tentang adanya konflik kepentingan diantara kelompok-kelompok dalam masyarakat yang dapat menghasilkan perubahan politik.

Dengan latar belakang ini, konsep politik berikutnya dapat mencakup bagaimana struktur kelembagaan politik dapat mempengaruhi distribusi kekuasaan, pengaturan fungsi-fungsi politik dalam masyarakat, dan penanganan konflik politik untuk menjaga stabilitas sosial dan politik.

Pengertian Sistem Politik

Pengertian Sistem Politik

Setelah mnegetahui politik adalah alat untuk mengatur negara, selanjutnya akan dijelaskan pengertian sistem politik.

Sistem politik merupakan suatu susunan atau struktur yang mengatur hubungan antara pemerintah, masyarakat, dan lembaga-lembaga politik lainnya dalam suatu negara.

Sistem politik mencakup proses pembuatan keputusan, distribusi kekuasaan, serta tata cara penyelenggaraan pemerintahan. Menurut para ahli, sistem politik juga melibatkan interaksi antara aktor politik, kebijakan publik, dan dinamika politik dalam suatu negara.

Para ahli mendefinisikan sistem politik sebagai cara negara mengatur dirinya, termasuk bagaimana kebijakan dibuat, siapa yang memiliki kekuasaan, serta sejauh mana partisipasi masyarakat dalam proses politik. Sistem politik juga dipahami sebagai mekanisme untuk menyelesaikan konflik dalam masyarakat dan memenuhi kebutuhan yang beragam.

Partai politik memiliki peran penting dalam sistem politik karena mereka adalah wadah bagi masyarakat untuk mengartikulasikan kepentingan politik mereka. Partai politik juga menjadi alat untuk merekrut dan membina kader-kader politik, serta menjadi ujung tombak dalam proses pembuatan kebijakan. Dengan demikian, partai politik turut menentukan arah kebijakan yang diperlukan dalam sistem politik suatu negara.

Ciri-Ciri Sistem Politik

Ciri-Ciri Sistem Politik

Setelah mengetahui sistem politik adalah strukur dalam menjalankan politik, berikutnya akan dijelaskan ciri-cirinya.

Menurut David Easton, ciri-ciri umum sistem politik meliputi input, output, feedback, dan adaptability.

Input melibatkan masukan dari masyarakat seperti pendapat, kebutuhan, dan aspirasi. Output adalah keputusan dan kebijakan yang dihasilkan oleh lembaga politik. Feedback adalah respons terhadap kebijakan dan adaptability adalah kemampuan sistem politik untuk berubah dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan.

Sistem politik Pancasila memiliki prinsip pokok yang mencakup Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, keadilan sosial, dan demokrasi. Ciri-ciri sistem politik berdasarkan prinsip Pancasila termasuk mengutamakan kepentingan bersama, menjunjung tinggi keadilan dan persamaan, memperjuangkan kesejahteraan bersama, mengedepankan demokrasi yang berkeadilan, serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Prinsip-prinsip ini menjadi panduan dalam menjalankan sistem politik Indonesia sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Fungsi Sistem Politik

Fungsi Sistem Politik

Terakhir, akan dijelaskan berbagai macam fungsi sistem politik.

Pertama, fungsi politik mencakup fungsi sosiologi politik yang mempelajari interaksi antara individu dan kelompok dalam konteks kehidupan politik. Salah satu fungsi utamanya adalah fungsi rekrutmen politik, yang bertujuan untuk merekrut individu-individu yang memenuhi syarat untuk menjadi pemimpin politik. Hal ini bertujuan untuk memastikan adanya kelangsungan generasi pemimpin yang berkualitas dalam sistem politik.

Partai politik juga merupakan bagian penting dari sistem politik, berperan dalam merekrut dan membina calon-calon pemimpin politik, serta memberikan pilihan kepada masyarakat dalam proses pemilihan umum. Selain itu, partai politik juga berfungsi sebagai wadah bagi individu-individu yang memiliki visi politik yang sama untuk bersatu dan memperjuangkan kepentingan masyarakat.

Sosialisasi politik juga merupakan fungsi penting dalam sistem politik yang bertujuan untuk mengenalkan nilai-nilai politik, norma-norma, dan proses politik kepada masyarakat. Melalui sosialisasi politik, masyarakat dapat memahami dan terlibat dalam kehidupan politik, sehingga dapat berperan aktif dalam pembentukan kebijakan dan pengambilan keputusan politik.

Dengan demikian, fungsi sistem politik mencakup berbagai aspek, mulai dari rekrutmen pemimpin politik, peran partai politik, hingga pentingnya sosialisasi politik dalam membentuk pemahaman dan partisipasi masyarakat dalam kehidupan politik.

Pidato Politik Anas Urbaningrum di Monas jadi Polemik, Surat Izin Tak Bahas Isu Politis
Pidato Politik Anas Urbaningrum di Monas jadi Polemik, Surat Izin Tak Bahas Isu Politis

Surat pernyataan 'Temu Kangen Anas' menyebut acara ini tidak akan mengandung unsur politik.

Baca Selengkapnya icon-hand
KPK: 75 Persen Masyarakat Terlibat Politik Uang di Pemilu 2019
KPK: 75 Persen Masyarakat Terlibat Politik Uang di Pemilu 2019

KPK berharap tokoh masyarakat hingga tokoh perempuan bisa membantu KPK dalam memerangi politik uang.

Baca Selengkapnya icon-hand
Banyak persidangan di Tahun Politik, KY: Bagi Hakim Enggak Ada Beda
Banyak persidangan di Tahun Politik, KY: Bagi Hakim Enggak Ada Beda

Di tahun politik, diperkirakan bakal banyak terjadi persidangan sengketa Pemilu

Baca Selengkapnya icon-hand
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Korupsi Dana Hibah, Politikus Golkar Ini Terdiam Usai Dituntut 12 Tahun Penjara
Korupsi Dana Hibah, Politikus Golkar Ini Terdiam Usai Dituntut 12 Tahun Penjara

Sahat dijerat dengan pasal 12 a juncto pasal 18 undang-undang RI nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Baca Selengkapnya icon-hand
Anas Urbaningrum Tidak Kapok Terjun Politik: Balas Kebaikan-Kebaikan Indonesia
Anas Urbaningrum Tidak Kapok Terjun Politik: Balas Kebaikan-Kebaikan Indonesia

Cara membayar kebaikan negara itu menurut Anas dengan kembali terjun politik.

Baca Selengkapnya icon-hand
Singgung Demokrasi, Ganjar: Kadang Kalau Sudah Marah Menyerangnya Pribadi
Singgung Demokrasi, Ganjar: Kadang Kalau Sudah Marah Menyerangnya Pribadi

Ganjar berharap agar politik di Indonesia menjadi dewasa dan perlu adanya penguatan etika dalam berpolitik.

Baca Selengkapnya icon-hand
Heru Budi Jawab Tudingan Politisasi JIS: Kita Sempurnakan yang Sempurna
Heru Budi Jawab Tudingan Politisasi JIS: Kita Sempurnakan yang Sempurna

Heru Budi menepis perbaikan JIS dikaitkan dengan politik.

Baca Selengkapnya icon-hand
Cak Imin ke Ketum PBNU Gus Yahya: Politik Itu Berat, Biar PKB Saja!
Cak Imin ke Ketum PBNU Gus Yahya: Politik Itu Berat, Biar PKB Saja!

Cak Imin mengatakan setuju dengan PBNU tidak boleh terlibat politik praktis seperti yang disampaikan Ketum PBNU Gus Yahya.

Baca Selengkapnya icon-hand

Baca Juga