Oregano adalah Penyedap Makanan Herbal, Ketahui Manfaatnya untuk Kesehatan

Minggu, 26 Juni 2022 17:01 Reporter : Jevi Nugraha
Oregano adalah Penyedap Makanan Herbal, Ketahui Manfaatnya untuk Kesehatan Ilustrasi oregano. ©Shutterstock/Ildi Papp

Merdeka.com - Oregano adalah rempah herbal yang biasa digunakan sebagai penyedap makanan. Rempah yang memiliki nama ilmiah Origanum vulgare ini dapat meningkatkan rasa makanan menjadi lebih enak dan lezat. Selain itu, oregano juga memiliki banyak kandungan penting yang bermanfaat untuk kesehatan.

Oregano sendiri berasal dari barat daya Eurasia dan daerah Mediterania. Rempah ini menjadi salah satu bahan kuliner dan obat herbal selama ribuan tahun. Rasanya berkisar dari pedas, pahit, hingga manis.

Selain digunakan sebagai rempah, oregano juga tersedia dalam bentuk lain, seperti minyak esensial dan kapsul. Biasanya, oregano dikemas dengan beberapa nutrisi menarik dan sehat. Berikut beberapa manfaat oregano untuk kesehatan yang merdeka.com lansir dari Healthline:

2 dari 3 halaman

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

010 magang

©2017 istock.com

Salah satu manfaat oregano adalah menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi olgano setelah makan dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Selain itu, oregano juga mengandung senyawa aktif carvocrol dan thymol, yang mampu melawan bakteri. Kandungan minyak esensial pada oregano berperan penting untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi, seperti Escherichia, Pseudomonas aeruginosa, dan Streptococcus aureus.

Menangkal Radikal Bebas

Manfaat oregano untuk kesehatan selanjutnya, yaitu menangkal radikal bebas. Minyak esensial oregano kaya akan kandungan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab kerusakan pada jaringan tubuh. Dengan mengonsumsi oregano secara rutin dan teratur, berfungsi efektif mencegah penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

Selain itu, oregano juga dapat meredakan flu dan batuk. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa meneteskan minyak oregano atau memasukkan oregano kering ke dalam mangkuk berisi air hangat. Lakukan cara ini hingga flu dan batuk mereda.

Mencegah Diabetes

Salah satu manfaat oregano untuk kesehatan adalah mencegah diabetes. Sebuah studi tahun 2019 menyebutkan ada beberapa efek antidiabetes in-vitro dan in-vivo dari ramuan ini. Ditemukan bahwa oregano membantu menurunkan kadar gula darah tinggi.

Diabetes tipe-1 adalah gangguan inflamasi autoimun. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak oregano membantu meringankannya melalui sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

3 dari 3 halaman

Menjaga Kesehatan Pencernaan

ilustrasi pencernaan
istockphoto.com

Satu sendok teh oregano mengandung sekitar 0,5 gram serat. Meskipun jumlahnya kecil, namun dapat memiliki dampak besar pada sistem pencernaan.

Serat adalah elemen penting dari sistem pencernaan yang sehat, karena dapat meningkatkan sebagian besar tinja dan merangsang gerakan peristaltik, yang menggerakkan makanan melalui saluran pencernaan dan mengeluarkannya secara efisien. Dengan mengonsumsi daun ini secara teratur, berperan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Manfaat oregano lainnya, yaitu mencegah penyakit kardiovaskular. Kandungan antioksidan yang terdapat pada oregano berperan penting untuk mencegah penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah, terutama pada orang dengan kadar kolesterol jahat tinggi.

Bagi yang menderita kolesterol jahat tinggi, oregano bisa menjadi pilihan tepat sebagai obat herbal. Selain itu, kandungan antioksidan tinggi pada oregano juga mampu mencegah penyakit kronis lainnya, seperti stroke dan serangan jantung. Tentu saja, manfaat ini bisa diperoleh dengan cara mengonsumsinya secara teratur dan tidak berlebihan.

Mencegah Depresi

Manfaat oregano selanjutnya adalah mencegah depresi. Oregano dan minyak esensialnya dapat membantu meningkatkan suasana hati. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa minyak atsiri oregano dapat membantu mengurangi perilaku seperti depresi yang dihasilkan dari stres kronis yang tidak dapat diprediksi (CUS).

Carvacrol, senyawa yang ditemukan dalam ramuan ini, terkait dengan peningkatan kadar dopamin. Senyawa ini juga dapat membantu menghasilkan perasaan tenang ketika dikonsumsi secara teratur dalam konsentrasi rendah. British Journal of Nutrition juga menyarankan bahwa ekstrak yang terbuat dari daun oregano dapat membantu meningkatkan kesehatan mental.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini