Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Mengenal Istilah Baper, Ketahui Alasan Seseorang Mudah Terbawa Perasaan

Mengenal Istilah Baper, Ketahui Alasan Seseorang Mudah Terbawa Perasaan Ilustrasi pasangan bertengkar. ©istock/Constantinis

Merdeka.com - Seperti diketahui, istilah baper memang menjadi kata yang sering digunakan oleh masyarakat sejak beberapa waktu terakhir ini. Biasanya, istilah baper ini sering digunakan oleh sebagian besar anak muda untuk mengungkapkan suatu keadaan yang berkaitan dengan perasaan. Baik itu perasaan sedih, senang, hingga marah.

Tidak jarang, istilah baper diungkapkan ketika seseorang mendapatkan rayuan atau kata-kata romantis dari pasangannya. Di sini, dapat diartikan bahwa seseorang tersebut luluh dan terbawa perasaan senang atau gembira saat mendengar kata-kata manis yang dilontarkan pasangan. Bukan hanya itu, istilah baper juga kerap diberikan pada seseorang yang tiba-tiba emosi atau marah hanya dengan suatu candaan sederhana dari teman.

Bukan hanya sebatas dalam hubungan romantis maupun pertemanan, istilah baper juga dapat digunakan dalam berbagai situasi. Mulai dari baper karena perasaan kecewa atau kesal terhadap atasan di tempat kerja maupun baper yang disebabkan karena sikap orang lain yang tidak sesuai ekspektasi sendiri. Bagi yang sering merasakan baper, mungkin beberapa alasan berikut bisa menjelaskan mengapa Anda mudah terbawa perasaan.

Dilansir dari Liputan6.com, kami telah merangkum penjelasan mengenai istilah baper dan beberapa alasan yang menyebabkan seseorang mudah terbawa perasaan di berbagai macam situasi. Berikut ulasan lengkap yang bisa Anda simak.

Mengenal Istilah Baper

011 tantri setyorini

©2018 Merdeka.com/Pexels

Sebelum mengetahui beberapa hal yang menjadi alasan seseorang mudah terbawa perasaan, akan lebih baik untuk mengenal dan memahami terlebih dahulu istilah baper itu sendiri.

Istilah baper ini diketahui merupakan sebuah kependekan dari Bawa Perasaan, yang kemudian disingkat agar lebih mudah dengan istilah baper. Dalam hal ini, baper merujuk pada kondisi di mana seseorang terlalu mengambil hati atau perasaan dari setiap perkataan atau tindakan orang lain.

Dengan kata lain, saat Anda mendapatkan perkataan atau sikap yang tidak sesuai ekspektasi maka dengan mudah akan terbawa oleh suatu perasaan yang ditimbulkan. Baik itu sedih, marah, kecewa dan sebagainya.

Meskipun begitu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya istilah baper juga sering kali dipakai ketika seseorang terbawa perasaan senang dan luluh karena menerima kata-kata manis dari pasangan. Sehingga dapat dipahami, bahwa baper atau bawa perasaan meliputi berbagai macam emosi.

Bukan hanya sedih, marah, dan kecewa saja tetapi juga termasuk senang atau gembira.Lalu bagaimana jika seseorang mudah baper atau terbawa perasaan.

Hal apa sajakah yang menyebabkan kondisi baper tersebut sering terjadi. Bagi yang merasa mudah baper, beberapa alasan penyebab baper berikut bisa menjadi salah satu hal yang Anda alami. Simak penjelasan berikut ini.

Tidak Mengenali Tujuan Diri Sendiri

Jika Anda sering mendapatkan perkataan atau istilah baper dari teman, bisa jadi Anda adalah seseorang yang belum mengenali tujuan diri dengan baik. Dalam hal ini, orang yang belum mengerti dan mengenali dengan baik tujuan diri sendiri, akan cenderung mendasarkan diri pada contoh orang lain.

Artinya, Anda akan melihat orang lain sebagai rujukan untuk dicontoh. Dengan begitu, secara tidak langsung akan mengharapkan hasil spesifik sama seperti yang orang lain lakukan.

Padahal setiap orang mempunyai kemampuan masing-masing yang tidak bisa disamakan begitu saja. Sehingga ketika Anda melakukan sesuatu berdasarkan yang orang lain lakukan, kemudian ternyata hasil yang didapat tidak sesuai maka secara otomatis akan merasa baper atau terbawa perasaan yang ada.

Dengan begitu, sebaiknya setiap orang termasuk Anda harus mengetahui tujuan diri dengan baik, melakukan segala sesuatu berdasarkan kemampuan diri dan capaian diri yang ingin dicapai secara mandiri bukan seperti orang lain. Selain itu, hindari membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Terima bahwa setiap orang berbeda dan itu menjadi suatu hal yang wajar.

Selalu Mengikuti Tren

011 tantri setyorini

©2018 Merdeka.com/Pexels

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, orang yang sering mendapatkan perkataan atau istilah baper adalah mereka yang belum mengenali diri sendiri dan sering kali mengikuti tren. Di sini, orang akan cenderung mengikuti berbagai hal yang banyak orang lakukan.

Bahkan sering kali menjadi memaksakan diri untuk melakukan hal tersebut, padahal diri sendiri tidak begitu mampu. Sehingga ketika didapatkan hasil yang tidak sesuai, maka diri sendiri akan merasa mudah baper.

Dengan begitu, cara untuk mengurangi rasa baper adalah dengan menjadi diri sendiri, mengenali diri sendiri, dan menerima diri sendiri. Hal inilah yang nantinya akan memberikan rasa kenyamanan terhadap diri meskipun tidak melakukan hal seperti yang kebanyakan orang lakukan.

Terlalu Mencintai Sesuatu

Alasan lain yang membuat diri Anda sering dicap dengan istilah baper tidak lain karena faktor terlalu mencintai sesuatu secara berlebihan. Dalam hal ini, banyak orang yang masih menggantungkan kebahagiaan kepada orang lain.

Menganggap bahwa suatu hal atau seseorang menjadi sumber kebahagiaan bagi dirinya. Sehingga ketika, seseorang melakukan suatu hal yang di luar pemikiran maka bisa dengan mudah menimbulkan rasa kecewa, sedih, hingga marah.

Perlu diketahui bahwa sulit mendapatkan seseorang yang benar-benar mengerti tujuan diri sendiri. Sehingga lebih baik, ubah pandangan bahwa kebahagiaan itu berasal dari dalam diri sendiri yang bisa dibuat atau diciptakan.

Dengan begitu, secara tidak langsung Anda akan mengurangi sikap bergantung kepada orang lain sehingga perasaan baper pun perlahan akan lebih mudah terkontrol dengan baik.

Terlalu Menanggapi Tindakan Seseorang Secara Pribadi

ilustrasi pasangan bertengkar

©Shutterstock

Alasan seseorang sering mengalami dan mendapatkan istilah baper adalah karena terlalu menanggapi suatu hal atau tindakan seseorang secara pribadi. Di sini, Anda akan mudah merasa baper ketika terlalu mengambil hati dari tindakan atau sikap yang seseorang lakukan.

Dengan begitu, sebaiknya usahakan untuk tetap tenang dalam menghadapi atau menerima berbagai macam perlakukan dari orang lain. Anda bisa memberikan kesadaran penuh pada kondisi tersebut, sehingga otak tidak dikontrol dengan mudah oleh emosi yang timbul secara tiba-tiba. Jika dibiasakan, maka perasaan baper akan lebih mudah ditekan dan berkurang dengan sendirinya.

(mdk/ayi)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
60 Gombalan Bahasa Inggris Lucu & Romantis, Dijamin Bikin Pasangan Jadi Salah Tingkah

60 Gombalan Bahasa Inggris Lucu & Romantis, Dijamin Bikin Pasangan Jadi Salah Tingkah

Berikut gombalan Bahasa Inggris lucu dan romantis yang bikin pasangan jadi salah tingkah.

Baca Selengkapnya
Bukan Hanya di Kasur, Berani Coba Tempat-Tempat Ini untuk Bercinta? Sensasinya Bikin Gairah Meletup!

Bukan Hanya di Kasur, Berani Coba Tempat-Tempat Ini untuk Bercinta? Sensasinya Bikin Gairah Meletup!

Salah satu solusi untuk menggairahkan pernikahan adalah dengan mencoba hal-hal baru, seperti mengeksplorasi tempat-tempat berbeda untuk bercinta.

Baca Selengkapnya
80 Gombalan Lucu Bikin Ngakak, Romantis Memicu Baper

80 Gombalan Lucu Bikin Ngakak, Romantis Memicu Baper

Beri orang terdekat Anda kata-kata gombalan lucu bikin ngakak untuk hibur harinya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Pantun Lucu Cinta, Menghibur dan Bikin Baper

Pantun Lucu Cinta, Menghibur dan Bikin Baper

Pantun lucu cinta memiliki keunikan tersendiri yang memberikan nuansa ceria dan ringan dalam menyampaikan perasaan romantis.

Baca Selengkapnya
100 Kata-Kata Gombal Lucu Bikin Baper, Gunakan untuk Si Dia

100 Kata-Kata Gombal Lucu Bikin Baper, Gunakan untuk Si Dia

Meskipun sering dianggap klise, gombalan lucu dapat mengubah suasana hati dan mencairkan ketegangan.

Baca Selengkapnya
Segala Persiapan Sudah Siap, Pernikahan Ini Berujung Gagal karena Diterjang Banjir

Segala Persiapan Sudah Siap, Pernikahan Ini Berujung Gagal karena Diterjang Banjir

Malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih, perumpamaan ini seolah pas dengan kemalangan yang dihadapi pasangan pengantin di Demak.

Baca Selengkapnya
Mengapa Pasangan Bahagia Jarang Berbagi Kehidupan di Medsos? Ini Alasannya

Mengapa Pasangan Bahagia Jarang Berbagi Kehidupan di Medsos? Ini Alasannya

Pasangan yang bahagia dengan hubungan mereka tidak tergoda untuk membandingkan diri mereka dengan orang lain.

Baca Selengkapnya
60 Ucapan Ulang Tahun untuk Suami, Sentuh Hatinya dengan Kata-kata Romantis nan Berkesan

60 Ucapan Ulang Tahun untuk Suami, Sentuh Hatinya dengan Kata-kata Romantis nan Berkesan

Ucapan ulang tahun untuk suami adalah bentuk kesederhanaan dan doa tulus yang diberikan akan membuatnya menjadi lebih gembira dan makin mencintaimu.

Baca Selengkapnya
Contoh Kata Buat Sahabat Menyentuh Hati, Jadi Ucapan Spesial untuk Teman Sejatimu

Contoh Kata Buat Sahabat Menyentuh Hati, Jadi Ucapan Spesial untuk Teman Sejatimu

Tiap kata yang telah terungkap kepada sahabat mempunyai kekuatan memengaruhi perasaan mereka. Begini ragam contoh katanya.

Baca Selengkapnya