Manfaat dan Efek Samping Daun Sirsak, Perlu Diketahui

Kamis, 30 Juni 2022 10:00 Reporter : Jevi Nugraha
Manfaat dan Efek Samping Daun Sirsak, Perlu Diketahui Ilustrasi daun sirsak. ©2017 pinterest.com

Merdeka.com - Manfaat dan efek samping daun sirsak penting untuk diketahui bagi orang yang biasa mengonsumsi minuman herbal ini. Sejak dulu, daun sirsak dipercaya dapat mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Tentu saja, manfaat ini bisa diperoleh dengan cara mengonsumsinya secara teratur dan tidak berlebihan.

Melansir dari Healthline, daun sirsak memiliki kandungan vitamin C, kalsium, senyawa fitokimia, hingga karbohidrat yang dipercaya dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit. Rebusan daun sirsak juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menghilangkan rasa sakit dan mencegah radikal bebas.

Manfaat dan efek samping daun sirsak perlu diketahui sebelum mengonsumsinya. Sebab, apabila daun ini dikonsumsi secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan. Berikut manfaat dan efek samping daun sirsak yang dilansir dari Healthline:

2 dari 3 halaman

Mengatasi Asam Urat

7 gejala asam urat yang harus diwaspadai

hellosehat.com ©2020 Merdeka.com

Manfaat dan efek samping daun sirsak ada banyak, salah satunya dapat mengatasi penyakit asam urat. Sama halnya untuk mengobati sel kanker, kandungan acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat.

Bagi Anda yang ingin mencoba manfaat daun sirsak untuk atasi diabetes, Anda hanya perlu meminum rebusan daun ini. Caranya pilih 10 daun sirsak yang tua dan rebus dengan 3 gelas. Anda bisa meminumnya dalam keadaan hangat maupun dingin.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat daun sirsak berikutnya, yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C, B1, dan B2 pada sirsak berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Sehingga hal ini dapat mencegah berbagai macam penyakit, seperti hipertensi hingga diabetes.

Selain itu, mengonsumsi rebusan daun sirsak secara teratur juga dapat melawan penyakit infeksi. Sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh dan tidak mudah terkena penyakit.

Mengatasi Diabetes

Manfaat dan efek samping daun sirsak untuk kesehatan selanjutnya untuk mengatasi diabetes. Senyawa yang ada pada daun sirsak sudah terbukti dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia dan menjadikannya normal.

Hal ini karena daun sirsak kaya akan kandungan antioksidan seperti senyawa saponin, bioflavonois, dan polifenol. Antioksidan ini berperan penting dalam melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang mengintai tubuh.

Mengatasi Sesak Napas

Manfaat dan efek samping daun sirsak selanjutnya, yaitu dapat meredakan sesak napas. Daun sirsak memiliki sifat espektoran yang berperan penting meredakan dahak dan lendir.

Selain itu, daun sirsak juga mengandung asam askrobat yang dapat membantu mencegah radikal bebas dan infeksi. Agar mendapatkan hasil optimal, sebaiknya mengonsumsi rebusan daun sirsak secara rutin dan teratur.

3 dari 3 halaman

Mengatasi Peradangan

tenggorokan
© iStock

Manfaat dan efek samping daun sirsak selanjutnya ialah soal peradangan. Radang merupakan salah satu penyakit yang ditandai adanya infeksi serta iritasi seperti lebam, nyeri, hingga memar. Hal ini disebabkan karena terinfeksi oleh bakteri, virus, dan jamur. Salah satu pengobatan alternatif yang dapat dilakukan adalah mengonsumsi rebusan daun sirsak.

Mengonsumsi rebusan daun sirsak secara teratur dapat menurunkan risiko peradangan. Sebuah penelitian pada tahun 2014 menemukan bahwa kandungan sirsak berfungsi efektif meredakan peradangan. Selain itu, manfaat rebusan daun sirsak juga dapat membantu mengurangi rasa sakit peradangan.

Mencegah Stres

Daun sirsak memiliki efek anti peradangan yang dapat membantu seseorang menjadi lebih tenang. Sehingga, mengonsumsi rebusan daun sirsak secara teratur dapat membuat menurunkan risiko stres.

Bagi Anda yang sering mengalami stres akibat banyaknya aktivitas dan tuntutan pekerjaan, sebaiknya mengonsumsi rebusan daun sirsak. Pasalnya, kandungan daun sirsak dapat membantu menjaga mood dan memberikan efek bahagia untuk Anda.

Efek Samping Daun Sirsak

Terlepas dari banyaknya manfaat dan efek samping daun sirsak, nyatanya daun ini juga memiliki dampak jika dikonsumsi secara berlebihan. Salah satu efek samping daun sirsak adalah gangguan pada hati dan ginjal. Selain itu, beberapa suplemen yang terbuat dari daun sirsak bahkan bisa merusak saraf.

Apabila kerusakan terjadi pada saraf dan otak, bisa muncul gangguan pada kendali gerak tubuh dan halusinasi. Kondisi ini yang kemudian bisa meningkatkan risiko penyakit Parkinson. Pasalnya, daun sirsak mungkin beracun jika digunakan secara berulang dan berlebihan.

Maka dari itu, orang yang memiliki masalah hati dan ginjal, ada baiknya tidak mengonsumsi daun sirsak. Selain itu, ada beberapa kondisi kesehatan yang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daun sirsak, antara lain:

  • • Sedang hamil
  • • Sedang menyusui
  • • Memiliki tekanan darah tinggi atau minum obat tekanan darah
  • • Menderita diabetes

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini