Makanan Khas Lamongan Populer, Soto Kuah Santan hingga Nasi Boranan

Selasa, 15 November 2022 14:54 Reporter : Ayu Isti
Makanan Khas Lamongan Populer, Soto Kuah Santan hingga Nasi Boranan Soto Lamongan dengan taburan koya. ©2021 Merdeka.com/Pinterest Ummu Yasmin

Merdeka.com - Berbicara tentang kuliner Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Di setiap daerahnya mempunyai berbagai macam makanan khas yang menggugah selera. Baik itu hidangan untuk makanan berat maupun berbagai macam camilan. Masing-masing makanan khas ini tentu menjadi keunggulan tersendiri serta menjadi promosi wisata bagi setiap masyarakat untuk datang berkunjung ke daerah tersebut.

Salah satu daerah yang memiliki beragam makanan khas adalah Lamongan. Lamongan adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang termasuk kawasan metropolitan karena dilalui jalan Jakarta-Surabaya. Kabupaten ini terkenal dengan beragam wisata pantai populer dengan keindahan alam eksotis.

Selain itu, Lamongan juga terkenal dengan beragam kuliner lezat. Beberapa makanan khas Lamongan populer seperti Soto Lamongan dengan kuah koya gurih, Nasi Boranan lengkap dengan lauk dan rempeyek renyah, Tahu Campur Lamongan dengan sayur lengkap, hingga Perkedel gurih khas Lamongan.

Jika Anda berencana liburan ke Lamongan, beberapa makanan khas berikut tidak boleh Anda lewatkan. Tak perlu khawatir, kuliner lezat khas Lamongan ini dijual dengan harga yang terjangkau, sehingga Anda bisa puas menikmati tanpa takut dompet terkuras.

Dari beberapa sumber, berikut kami merangkum makanan khas Lamongan populer, murah, dan terjangkau yang patut Anda coba.

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Lamongan: Soto Lamongan, Nasi Boranan

Soto Lamongan

Makanan khas Lamongan populer yang pertama tidak lain adalah Soto Lamongan. Berbeda dengan hidangan soto pada umumnya yang menyajikan kuah bening nan gurih, soto lamongan memiliki tampilan kuah yang lebih pekat karena dibuat dengan tambahan santan.

Bukan hanya itu, Soto Lamongan juga berwarna lebih kuning dengan topping koya yang menambah cita rasa semakin gurih. Sajian soto ini lengkap dengan bahan isian seperti tauge, daun bawang, irisan tomat, daun kol, mi bihun, daging ayam, dan potongan telur rebus. Hidangan Soto Lamongan yang hangat dan kaya rempah sangat cocok disantap di malam hari.

Nasi Boranan

Makanan khas Lamongan populer berikutnya adalah Nasi Boranan. Diberi nama Nasi Boranan karena diambil dari kata boran, yaitu tempat penyimpanan nasi yang mirip seperti bakul gendong. Hidangan Nasi Boranan ini sejenis nasi campur yang berisi beragam lauk pauk.

Tidak hanya itu, sajian nasi campur ini lengkap dengan tambahan rempeyek gurih nan renyah sebagai lauk pendamping. Biasanya nasi campur khas Lamongan ini dijajakan di pagi hari sebagai menu sarapan. Satu porsinya dijual sangat murah yaitu sekitar 10 ribu hingga 15 ribu rupiah.

3 dari 4 halaman

Makanan Khas Lamongan: Tahu Campur, Asem Bandeng

Tahu Campur

Makanan khas Lamongan populer lainnya termasuk Tahu Campur. Tahu Campur adalah kuliner yang ada di berbagai daerah, di mana masing-masing memiliki kreasi isi yang beragam. Sementara Tahu Campur khas Lamongan disajikan dengan lauk petis udang dan perkedel kacang tolo atau disebut lentho.

Biasanya, makanan ini dijajakan oleh pedagang keliling. Namun ada pula warung yang membuka lapak khusus sehingga pengunjung bisa menikmati hidangan Tahu Campur di tempat. Satu porsi Tahu Campur dijual dengan harga 10 ribu hingga 20 ribu rupiah. Meskipun murah, namun Anda bisa menikmati kelezatan Tahu Campur yang gurih dan segar.

Asem Bandeng

Asem Bandeng juga termasuk salah satu makanan khas Lamongan yang bisa Anda coba. Ini adalah sajian ikan bandeng yang diolah dengan bumbu gurih sedikit asam. Meskipun dinamakan Asem Bandeng, namun cita rasa hidangan ini lebih dominan rasa asin dan gurih.

Selain itu, sajian Asem Bandeng juga kaya akan cita rasa dan aroma rempah yang khas. Hidangan Asem Bandeng sangat cocok disantap dengan nasi hangat. Cukup membayar 6 ribu hingga 20 ribu rupiah saja, Anda bisa menikmati satu porsi menu Asem Bandeng lezat lengkap dengan nasi hangat.

4 dari 4 halaman

Makanan Khas Lamongan: Perkedel Lamongan, Jumbrek

Perkedel Lamongan

Makanan khas Lamongan populer yang perlu Anda coba berikutnya adalah Perkedel Lamongan. Tidak jauh berbeda dengan olahan perkedel pada umumnya, Perkedel Lamongan dibuat dengan bahan utama kentang yang direbus dan ditumbuk halus, kemudian dicampur dengan bumbu gurih.

Bedanya, Perkedel Lamongan memiliki tampilan warna lebih kuning sehingga terlihat lebih menarik. Sajian perkedel ini sangat cocok disantap sebagai lauk pendamping berbagai menu. Mulai dari nasi kuning, nasi uduk, hingga nasi campur. Selain itu, perkedel juga nikmat disantap sebagai camilan ringan dengan saus sambal pedas atau cabai rawit pedas.

Jumbrek

Makanan khas Lamongan yang terakhir namun tak kalah lezat dan menarik adalah Jumbrek. Ini adalah camilan tradisional yang disajikan dengan daun lontar berbentuk kerucut. Daun ini kemudian diisi dengan adonan tepung beras, santan kelapa, dan gula aren yang sudah dicampur merata.

Saat musim buah nangka, biasanya sajian jumbrek ditambahkan potongan buah nangka sebagai topping. Topping buah nangka ini memberikan aroma yang lebih harum dan menambah cita rasa manis nan legit. Kini, camilan Jumbrek banyak dijual di pinggir jalan dengan harga sekitar 20 biru hingga 30 ribu rupiah setiap 10 biji.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini